PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH PISANG ENGGANO

Authors

  • Wismalinda Rita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yusmaniarti Yusmaniarti
  • Elni Mutmainnah

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i2.1673

Abstract

Abstrak

Kelurahan Sumber Jaya secara geografis terletak di pinggir samudra Indonesia. Kelurahan Sumber Jaya yaitu 602 hektar, yang sebagian besar wilayah merupakan dataran rendah, pesisir, dan kawasan rawa yang dijadikan  sawah dan tanah perkebunan/pertanian. Penduduknya merupakan penduduk asli daerah dengan tingkat pendidikan rata-rata hanya tamat SMP dan SMA

Kelurahan Sumber Jaya merupakan perkampungan yang terletak di pesisir pantai di Kota Bengkulu. Mayoritas penduduknya adalah penduduk asli Bengkulu yang menggantungkan hidup dari sumber alam yang dihasilkan di laut. Menjadi nelayan dan mengolah ikan kering. Pola hidup masyarakatnya masih kurang sehat. Masih banyak masyarakatnya yang BAB langsung ke Muara dan buang sampah ke laut. Sehingga perkampungannya terkesan kumuh dan kotor.

Tahun 2016 pemerintah Kota Bengkulu menetapkan Kelurahan ini menjadi Kampung Bahari. Berbagai pembangunan fisik telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu ikut bertanggung jawab dalam upaya peningkatan kapasitas masyarakatnya. Melalui pemberdayaan masyarakatnya dengan keterampilan peningkatan nilai tambah pisang Enggano. Karena selama ini pisang Enggano hanya dimanfaatkan sebagai pisang goreng. Dengan berbagai variasi menjadi keripik diharapkan dapat memberi nilai tambah pada pendapatan keluarga. terutama kelompok ibu-ibu rumah tangga.

            Metode pendekatan yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi, pendidikan dan praktek pembuatan keripik pisang. Hasil evaluasi menunjukkan masyarakat antusias mengikuti dan termotivasi untuk mencoba berwirausaha dengan menjadi produsen keripik pisang berbagai varian rasa skala rumah tangga.

 

Kata Kunci : pemberdayaan, Pisang, nilai tambah

References

DAFTAR PUSTAKA

Biro Pusat Statistik.2018. Produksi Buah buahan dan Tanaman Pangan Provinsi Bengkulu.Bengkulu

Erliza hambali, Suryani Erni, Purnama Wahyu, 2006. Keripik Pisang Aneka Rasa. Penebar Swadaya Pengolahan Pangan, Jakarta

Makarawung, V. Dkk. 2017. Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Di Desa Dimembe Kecamatan Dimemembe. Agri-Sosiso Ekonomi Unsrat. Volume 13 Nomor 2A, Juni 2017: 83-90.

Sinaga, Elisabet C,dk.2019. Analisis Produksi, Pendapatan, Dan Efisiensi Usahatani Pisang Kepok Di Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Herlina, T. 2007. Peningkatan Nilai Tambah Melalui Pengembangan Agroindustri Pisang Di Kabupaten Lumajang. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan kebijakan Pertanian. Bogor

Published

2021-08-21
Abstract viewed = 221 times