PELATIHAN PENGGUNAAN WEB PAMER UN UNTUK EVALUASI KETERCAPAIAN INDIKATOR PEMBELAJARAN SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN NASIONAL PADA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HIDAYAH PALEMBANG

Authors

  • Sulton Nawawi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang http://orcid.org/0000-0003-0769-9726
  • Sunardi Sunardi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Heru Heru Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Refi Elfira Yuliani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i3.1639

Abstract

Ujian nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tersebut. Hasil ujian nasional ini berfungsi dalam memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran. Umpan baliknya bermuara kepada peningkatan hasil belajar peserta didik. Namun guru masih mengalami kesulitan dalam menganalisis, mengevaluasi dan menentukan materi yang mana yang rendah atau materi yang mengalami penurunan pada hasil ujian nasional. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada guru dalam menggunakan aplikasi pamer UN untuk evaluasi hasil ujian nasional. Metode yang dilakukan yaitu transfer ilmu dan praktik langsung. Sebagai tolak ukur keberhasilan dari pengabdian masyarakat ini, penulis memberikan quisioner. Hasil quisioner indikator pertama berkaitan dengan materi hasilnya 100 % menjawab merupakan hal baru.  Indikator kedua apakah materi yang diberikan dapat membantu guru untuk melaksanakan tugas hasilnya 63,63 % menjawab sangat membantu. Indikator ketiga apakah guru merasa memperoleh gambaran yang kongkrit tentang  hasil ujian nasional melalui aplikasi PAMER UN hasilnya 100 % menjawab mendapat gambaran yang kongkrit. Indikator keempat apakah sudah tersedia aplikasi untuk menilai atau mengevaluasi hasil ujian nasional hasilnya 72,72 % belum tersedia sama sekali Indikator kelima perihal pemanfaatan aplikasi PAMER UN untuk dasar evaluasi kemajuan peserta didik dan sekolah hasilnya 45,45 % hasilnya sangat bermanfaat dan 54,53 %  hasilnya bermanfaat. Indikator keenam berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini hasilnya 90,90 % sangat efektif. Pada indikator ketujuh berkaitan dengan waktu pelatihan hasilnya 27,27% menjawab cukup, 27,27 % menjawab seimbang,  dan 45 % menjawab terlalu pendek bila dibanding dengan materi dan tugas.

Kata Kunci: Evaluasi, hasil, ujian nasional,  PAMER UN

 

Author Biography

Sulton Nawawi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=kqRNreMAAAAJ&hl=id Scopus: https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57215843951&hl=en

References

Abdullah, M. (2017). Kontribusi Hasil Ujian Nasional terhadap Kelulusan siswa SMP Laboratorium UPI Tahun Pelajaran 2015/2016. Mimbar Pendidikan. 2(2): 163-172.

Athanasou, J. & I. Lamprianou. (2002). A Teacher’s Guide to Assesmen. Tuggerrah-New South Wales: Social Science Press.

Bachman, L.F. (1990). Fundamental Considerations in Language Testing. New York: Longman.

Charles, R., F. Lester & P.O. Daffer. (1991). How to Evaluate Progress in Problem Solving. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Forster, M. & G. Masters. (1996). Performance Assessment: Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research, Ltd.

Hamzah, U., & Satria, O. (2012). Asesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud RI. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Siswa, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang Sederajat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mueller, D.J. (1992). Mengukur Sikap Sosial: Pegangan untuk Peneliti dan Praktisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Subali, B. (2010). Penilaian, Evaluasi, dan Remedial Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Uly, Y.A. (2018). Nilai Rata-Rata Ujian Nasional 2018 Turun, Ini 2 Biang Keladinya. Online. https://news.okezone.com/read/2018/05/08/65/18960 34/nilai-rata-rata-ujian-nasional-2018-turun-ini-2-biang-keladinya.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2021-12-16

Issue

Section

Edisi Desember Vol 4 No 3 2021
Abstract viewed = 138 times