SOSIALISASI INTERNET SEHAT DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI DESA TANJUNG AGUNG PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Surya Ade Saputera Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Handayani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Randy Pradityo Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i3.1633

Abstract

Salah satu produk dari era revolusi industri 4.0 adalah Internet. Internet sudah banyak penggunaannya diberbagai bidang kehidupan dan menembus tidak hanya di perkotaan bahkan hingga ke pedesaan. Penggunaan internet dengan segala isi dan kemudahannya mempercepat mendapatkan informasi. Fasilitas yang disediakan internet memberikan banyak informasi yang dibutuhkan, permasalahan internet banyaknya informasi yang tidak cocok untuk penggunaanya, adanya informasi yang belum tentu kebenaran dan sumbernya, permainan game online hingga tindak kejahatan penipuan dan cybercrime. Desa Tanjung Agung Palik merupakan salah satu desa yang warganya menikmati akses internet, baik orang tua, anak muda hingga anak-anak. Internet sehat adalah sesuatu metode dalam penggunaan internet dengan baik dan bijak, sesuai dengan kebutuhan. Permasalahan warga Desa Tanjung Agung Palik, adalah banyak nya anak-anak muda dan pemuda desa yang kurang pengetahuan bagaimana penggunaan internet secara sehat sehingga terhindar dari dampak konten-konten negatif penggunaan internet. Upaya pemecahan masalah tersebut dengan memberikan sosialisasi kepada warga, dengan kegiatan sosialisasi memberikan informasi kepada warga bagaimana mendapatkan informasi di internet yang baik dan sehat. Sosialisasi dilakukan dengan Forum Grup Discussion, serta pelatihan kepada warga. Hasil sosialisasi warga paham dan mengerti penggunaan internet, media sosial, media komunikasi, warga mampu memberikan arahan kepada keluarga untuk berlaku bijak dalam penggunaan internet sehari-hari.

Kata Kunci: Internet, Media Sosial, Sosialisasi. Revolusi Industri 4.0

References

Rahayu, Flourensia Sapty. "Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi." Journal of Information Systems 8.1 (2012): 22-31.

Fitri, Sulidar. "Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak." Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1.2 (2017): 118-123.

Fitriani, Yani, and Ikhsan Abdul Aziz. "Literasi Era Revolusi Industri 4.0." Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA). Vol. 3. No. 1. 2019.

Bariyyah, Khairul, dan Devi Permatasari. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember 1(1): 63–69.

Wanto, Anjar, Dedi Suhendro, and Agus Perdana Windarto. "Pelatihan dan bimbingan dalam pemanfaatan internet yang baik dan aman bagi pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun." E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 9.2 (2018): 149-157.

Windarto, Agus Perdana, Dedy Hartama, Anjar Wanto, dan Iin Parlina. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop sebagai Program Istimewa untuk Akademisi dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Aksiologiya 2(2).

Utomo, A. W. (2020). Utilitas Media Sosial Smartphone Dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan.

Tertentu, J., & Prasetyo, A. Memblokir Situs Porno.

Published

2021-12-18

Issue

Section

Edisi Desember Vol 4 No 3 2021
Abstract viewed = 139 times