EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN ACTIVITY BOOK PADA ANAK PRE SCHOOL DI PEKANBARU

Authors

  • Yessi Marlina Poltekkes Kemenkes Riau
  • Dewi Erowati

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i3.1629

Abstract

Anak usia prasekolah belum mampu memenuhi kebutuhan gizinya secara mandiri namun sudah memiliki sikap tersendiri terhadap makanan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengenalan terhadap makanan sehat dan bergizi sejak dini untuk meningkatkan kesukaan mereka terhadap makanan sehat dan bergizi. Diharapkan dengan bertambahnya tingkat kesukaan maka asupan juga semakin meningkat, karena asupan gizi anak usia prasekolah merupakan salah satu fondasi untuk kesehatan jangka panjang, kekuatan dan kemampuan perkembangan intelektualnya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan edukasi mengenai Gizi Seimbang pada anak-anak prasekolah di PAUD dan TK First Dinara Pekanbaru. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan (zoom) dan pengolahan menu (video) yang melibatkan orang tua serta guru. Evaluasi kegiatan dilakukan dalam bentuk pre-post test menggunakan activity book dan para siswa juga diminta menampilkan foto menu makanannya sebagai bentuk evaluasi terhadap penerapan Gizi Seimbang (Isi Piringku). Terjadi peningkatan pengetahuan siswa (81,82%) dan para siswa telah menampilkan menu makan sesuai kriteria Isi Piringku (59,09%).

Kata Kunci: anak pra sekolah; gizi seimbang; isi piringku

References

Cooke, Lucy, Susan Carnell, and Jane Wardle. 2006. “Food Neophobia and Mealtime Food Consumption in 4–5 Year Old Children.†International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 3(14):1–6. doi: 10.1186/1479-Received.

Gregory, Jane E., Susan J. Paxton, and Anna M. Brozovic. 2010. “Maternal Feeding Practices, Child Eating Behaviour and Body Mass Index in Preschool-Aged Children: A Prospective Analysis.†International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 7(1):2–10. doi: 10.1186/1479-5868-7-55.

Isnaini, Indri Dwi. 2019. “Pengaruh Fun Book Learning Terhadap Perkembangan Anak.†Jurnal Buah Hati 6(2):98–105.

Linda, C. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multi Intelegences. Jakarta: Intuisi Pres.

Mansur, Arif Rohman. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang.

Maryatun, Eka Budi, and Nur Hayati. 2010. Pengembangan Progam Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Masitoh, Ocih, and DJ Heny. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masrurah, Farhatin, and Khulusinniyah. 2019. “Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Dengan Bermai.†Edupedia 3(2):67–77. doi: 10.35316/edupedia.v3i2.253.

Pangesti, Nova Putri, Siti Wahyuningsih, and Nurul Kusuma Dewi. 2019. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book.†Kumara Cendekia 7(4):381–93.

Pritasari, Didit Damayanti, and Nugraheni Tri Lestari. 2017. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

RISKESDAS. 2018. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sembiring, Al Khudri, Sriwahyuni, and Sean Marta Efastri. 2017. “Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Educatif Dari Potensi Sumber Daya Alam.†DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):5–9.

Sili, Maria Regina Ina, Atti Yudiernawati, and Lasri. 2016. “Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang Terhadap Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah.†Nursoing News 1(2):234–42.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Wong, Donna L., Marilyn Hockenberry-Eaton, David Wilson, Marilyn L. Winkeistein, and Patricia Schwartz. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Volume 1. Edisi 6. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Published

2021-12-22

Issue

Section

Edisi Desember Vol 4 No 3 2021
Abstract viewed = 160 times