PELATIHAN SPEAKING DENGAN MEDIA MINI DRAMA BAGI SISWA KELAS 5 SDN JOMBOR 01 BENDOSARI SUKOHARJO

Authors

  • Nurnaningsih Nurnaningsih Veteran Bangun Nusantara University
  • Veronika Unun Pratiwi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Arin Arianti Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i1.1336

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar (SD). Pengajaran bahasa Inggris ditingkat SD juga harus memperhatikan speaking karena salah satu unsurbahasa yang sangat penting adalah kosa kata (speaking). Penguasaan kosakata yang memadahi sangat diperlukan untuk keberhasilan penggunaan Bahasa (L2) karena tanpa penguasaan speaking yang memadahi kita tidak akan dapat menggunakan struktur dan fungsi-fungsi untuk berkomunikasi. Teknik yang tepat untuk menciptakan pengajaran bahasa Inggris yang efektif yaitu dengan menekankan perolehan speaking yang diperlukan untuk membantu siswa belajar tanpa ada rasa takut.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan memakai media mini drama yang menarik perhatian siswa Kelas 5 SDN Jombor 1 Sukoharjo. Dimana kegiatan umum pelatihan ini diawali dengan penyuluhan untuk mengenalkan media yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Inggris, terutama media yang menggunakan cerita yang menarik berwujud short dialog, mendengarkan rekaman short story mini drama secara daring dengan memberikan contoh cara mempergunakan mini drama untuk menambah kosakata baru bahasa Inggris, dilanjutkan dengan pendampingan mini drama dalam bahasa Inggris sampai dinilai siswa cukup mampu belajar secara mandiri, terakhir dengan melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para siswa tentang materi speaking  yang telah dipahami siswa.

Target yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah meningkatknya pengetahuan tentang penguasaan speaking bagi siswa Kelas 5 SDN Jombor 1 Sukoharjo.   Luaran yang dicapai dari pengabdian ini adalah kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris terkait dengan speaking. Penambahan kosakata baru dalam penguasaan speaking dalam Bahasa Inggris untuk dapat mengoptimalisasikan dan memaksimalkan aplikasi mini drama dalam kegiatan belajar mengajar sebagai bahasa rutin sehari-hari.

Author Biography

Nurnaningsih Nurnaningsih, Veteran Bangun Nusantara University

English Department

References

Brown, Douglas H. (1987). Principle of Language Learning and Teaching. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Regents.

Hymes, Dell. (1988). Foundation in Sociolingusitics: an Etnographic Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Rivers, W. (1993). Communicating Naturally in a Second Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Wardhaugh, Ronald. (1998). An Introduction to Sociolinguitics. Oxford: Blackwell Publishers Ltd.

Widdowson, Henry G. (1978). Teaching Language as Commnuication. Oxford: OxfordUniversity Press.

www.sil.org/lingualinks/language learning/other reources/gudlns FrAl./11/2000

Published

2021-05-07
Abstract viewed = 197 times