ASESMENT UJIAN COMPRE LIVE IN SEKOLAH ALAM MAHIRA BENGKULU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i1.1231

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah adanya siswa yang masih pasif dalam proses pembelajaran, kurangnya komunikasi antar siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan masyarakat lingkungan tempat tinggalnya. Metode pemecahannya diberikan sebuah kegiatan berupa Live In yang diterapkan pada siswa SMA Alam Mahira Bengkulu. Hasil dari kegiatan Live In ini dilakukan penilaian terhadap siswa yang telah melaksanakan kegiatan Live In tersebut. Hasil penilaian dikategorikan baik. Kesimpulan kegiatan assessment ujian compre live in berupa Secara umum, tujuan dari kegiatan ujian compre live in di SMA Alam Mahira Kota Bengkulu tercapai dengan baik. Hal ini dapat diamati adanya presentasi siswa dalam melaporkan hasil kegiatan live in sudah dipaparkan dengan lancar sesuai aktivitas real live in atau dengan kata lain tidak mengada-ada, selain itu siswa menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang baik dalam presentasi, sehingga diharapkan dapat menerapkan kemandirian, sosial, kreatif, inovatif selama kegiatan live in dalam kehidupan sehari-hari ditengah kehidupan masyarakat.

Kata Kunci: Live in, SMA Alam Mahira Bengkulu, Siswa.

Author Biography

Tomi Hidayat, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Pendidikan Biologi

References

Ahdavia, Ikrima. 2015. Laporan Perjalanan Kegiatan Live In Cinangneng Bogor Barat. Bogor.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah, dapat diwujudkan melalui pemenuhan proses pembelajaran yang bermutu.

Rahayu, Titi. 2017. Pendidika Karakter Berbasis Live In Di Sekolah Menengah Atas Atisa Dipamkara. Artikel Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Sekar, A., Herawati, A., Maharani, C., Bela, S.K., Putri. N. Y. 2018. Laporan Hasil Live In Exposure In The Poor Di Dusun Ngesong Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Laporan Hasil: SMP KAtolik Santa Maria Kediri.

Shafa. 2014. Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu. Volume 14 Nomor 1.

Published

2021-05-07
Abstract viewed = 123 times