PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: PENINGKATAN KAPABILITAS PENGURUS KOPERASI MELALUI PELATIHAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI KOPERASI AISYIYAH PDA SE WILAYAH KOTA BENGKULU

Authors

  • Suharmi Suharmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummul Khair Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diah Khairiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.1125

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pengurus koperasi Aisyiyah adalah kurangnya pengetahuan mengenai administrasi koperasi dan laporan keuangan. Hal ini dikarenakan kurangnya pelatihan, karena koperasi Aisyiyah tersebar di kabupaten maka jarang sekali mendapatkan pelatihan. Pelatihan jarang sekali bahkan hampir tidak pernah diadakan di kabupaten. Pelatihan sering diadakan di Kota saja, pengurus koperasi merasa kesulitan untuk mengikuti pelatihan karena jarak tempuh yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Metode pelaksanaan yang dipilih oleh pengabdi adalah penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan dilaksanakan agar pengurus koperasi paham mengenai administrasi koperasi. Kemudian pelatihan dilaksanakan agar pengurus koperasi memiliki pengetahuan mengenai membuat laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi koperasi yang berlaku umum.

Dampak dari pengabdian ini  adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemahaman mengenai administrasi koperasi dan pembuatan laporan keuangan. Pemahaman pengurus koperasi mengenai administrasi koperasi mengalami peningkatan dari 25% menjadi 70%, hal ini menunjukkan ada peningkatan sebesar 45%. Pemahaman pengurus koperasi Aisyiyah mengenai laporan keuangan juga mengalami peningkatan dari 10% menjadi 50%, peningkatan terjadi sebesar 40%.

Author Biographies

Suharmi Suharmi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Jurnal Pengabdian Masyarakat

Ummul Khair, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Diah Khairiyah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Bati, et al. 2019. Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Anggota KSU Pemuda Kisaran. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1.

Hetika, Yeni Priatna Sari, Ririh Sri Harjanti. 2018. Upaya Peningkatan Keterampilan Menyusun Laporan Keuangan Bagi Pengurus Koperasi Batik Tegalan Cempaka Mulya. Jurnal Abdimas PHB Vol 1 No 1.

Safelia, Nela, et al. 2015. IbM pada Koperasi di Kota Jambi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Koperasi dengan Pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Pengabdian pada MAasyarakat Volume 30 No 3.

Sasongko, Catur, et al. 2016. Akuntansi Suatu Pengantar-Berbasis PSAK. Jakarta. Salemba Empat.

Tri Maryati. 2017. Pendampingan Administrasi Keuangan “Koperasi Sejahtera†Pertuni Cabang Sleman. Laporan Pengabdian. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_25_92.htm. diperoleh pada tanggal 20 November 2019.

Published

2020-12-28
Abstract viewed = 206 times