UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL DI MASA PENDEMI COVID-19

Authors

  • Siska Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu
  • Indaryani Indaryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu
  • Ilham Apri Assyura Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu
  • Oktapya Santi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu
  • Elsi Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i1.1084

Abstract

Pelayanan kesehatan ibu selama kehamilan merupakan hal penting bagi ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya. Upaya pelayanan tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap kondisi buruk yang dapat terjadi pada seorang ibu hamil. Berbagai kondisi dapat terjadi pada seorang ibu hamil. Adapun kondisi paling buruk yang dapat terjadi pada seorang ibu hamil adalah kematian. Kematian ibu hamil dan bersalin dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pendidikan dan pengetahuan, sosial budaya, sosial ekonomi, geografi dan lingkungan, aksesabilitas ibu pada fasilitas kesehatan serta kebijakan makro dalam kualitas pelayanan kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu adalah pelayanan kesehatan maternal yang berkualitas yaitu pemeriksaan kehamilan. Tahun 2020 merupakan masa sulit bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kesehatan dikarenakan kondisi pandemi Covid 19 mengharuskan seseorang untuk menjaga jarak, menghindari kerumuman dan seminimal mungkin untuk tidak ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan. Hal ini berdampak buruk bagi ibu hamil mengingat ibu hami perlu melakukan pemeriksaan minimal 3x selama kehamilan dan perlu mendapatkan pengetahuan tentang kehamilan terutama pada ibu primigravida (kehamilan pertama). Penyuluhan kesehatan berupa pelayanan kesehatan pada ibu hamil di masa pandemi covi 19 dapat menurunkan resiko kematian pada ibu dan bayi. Pendidikan kesehatan dan demonstrasi tentang kesehatan pada ibu hamil dilakukan selama 4 minggu yang melibatkan keluarga ibu hamil. Setelah dilakukan kegiatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan ada ibu hamil sangat membantu mereka dalam menghadapi kehamilan.

Author Biographies

Siska Iskandar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

Keperawatan

Indaryani Indaryani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

keperawatan

Ilham Apri Assyura, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

Keperawatan

Oktapya Santi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

Keperawatan

Elsi Wulandari, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu

Keperawatan

References

Agustini N.N.M., Nunuk S., P. M. (2013). J urnal Magister Kedokteran Keluarga J urnal Magister Kedokteran Keluarga. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, 1(1), 80–91.

Dewik A.A., Palandeng, H., & Ottay, R. (2013). Gambaran Pengetahuan Tenaga Kesehatan Tentang. 1.

Hardianti, U., Amir, M., & Balqis. (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Antenatal Di Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar. Jurnal Adminsitrasi & Kebijakan …, 2(2), 7.

Kusumawardani, E., Arkhaesi, N., & Hardian, H. (2012). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Ibu Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue Pada Anak. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 1(1), 104456.

Mellynia, R., Trisiana, A., Viyani, N. N., Safitri, F., & ... (2020). Bersatu Melawan Covid 19 Dengan Hidup Sehat Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen …, 1. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3882

Sumarni, Rahma, M. I. (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan, Persalinan Dan Nifas Terhadap Perilaku ANC Puskesmas Latambaga Kabupaten Kolaka. Jurnal Ilmiah Bidan.

Suryani, P., & Handayani, I. (2018). Senam Hamil Dan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester Ketiga. Jurnal Kebidanan, 5(01), 33–39.

Suwanti, Sri Romiastuti, A. C. (2014). HUBUNGAN FREKUENSI ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2013 Suwanti, Sri Romiastuti, AASP Chandradewi. Jurnal Kesehatan Prima, 8(1), 1232–1238.

Wulandari, A., Wigati, P., & Sriatmi, A. (2017). Analisis Pelayanan Antenatal Dan Faktor €“ Faktor Yang Berkaitan Dengan Cakupan Pelayanan Antenatal Oleh Bidan Desa Di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(1), 14–23.

Depkes, 2015. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2015. Badan Penelitian dan Pengembangan Keseshatan.

Satuan Tugas Penanganan Covid 19 RI. 2020. Diakses melalui covid19.go.id. pada tanggal 1 November 2020

Published

2021-05-07
Abstract viewed = 2058 times