PENGEMBANGAN POTENSIAL KESEHATAN ANAK MELALUI SCREENING DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG (DDTK) DAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT

Authors

  • Fatsiwi Nunik Andari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lussyefrida Yanti
  • panzilion panzilion

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.1074

Abstract

Golden Age merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia 1-6 tahun. Masa kanak-kanak ini memberikan pengaruh yang besar pada seorang individu dalam tahapan perkembangan selanjutnya. Tahapan perkembangan anak meliputi beberapa aspek, salah satunya aspek fisik motorik. Perkembangan pada aspek fisik motorik anak diartikan sebagai perubahan bentuk tubuh pada anak yang berpengaruh terhadap keterampilan gerak, khususnya dalam hal ini adalah keterampilan dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan cuci tangan yang benar. Mencuci tangan adalah membasuh kedua telapak tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan tindakan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman. Membiasakan mencuci tangan sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya kuman dan resiko tertularnya penyakit. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang anak antara lain dengan melakukan kegiatan screening atau pendeteksian secara dini. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan stimulasi-stimulasi perkembangan anak baik dengan permainan ataupun kegiatan belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang anak di masa emasnya, mencegah terjadinya gangguan tumjbuh kembang secara dini dan mencegah penyakitakibat tidak mencuci tangan dengan benar.

Sasaran pada pelaksanaan kegiatan ini adalah anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu. Tahapan kegiatan dimulai dengan melakukan analisa situasi, melakukan penilaian screening tumbuh kembang anak, memberikan penyuluhan kesehatan tentang cuci tangan yang benar sekaligus melakukan demonstrasi cara mencuci tangan yang benar, dan mendampingi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas perkembangan anak. Dari hasil evaluasi kegiatan didapatkan gambaran tumbuh kembang anak-anak TK TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu normal atau sesuai dengan usianya, serta terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal  IV tentang cara mencuci tangan yang benar.

Author Biography

Fatsiwi Nunik Andari, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Nursing program study

References

Depkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indoneisa Tahun 2014. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Desiyanto dan Djannah. (2013) Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitized) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Yearbook of medical informatics, 27(1), pp. 10–15. doi: 10.1055/s-0038-1641193.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nursalam & Effendi, F. (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Setyaningrum, Rofi‘i., dan Setyanti. (2015). Tingkat Pengetahuan dan

Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Siswa SDN Batuah I dan Batuah III Pagatan. Jurnal Berkala Kesehatan, Vol. 1, No. 1, 42-46.

.https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/berkala-kesehatan.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.

Sugiono dan Kuntjojo. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.102.04.

Susilaningsih dan Hadiatama. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah 2013.

https://core.ac.uk/download/pdf/234035704.pdf.

Thaariq (2014). Pengaruh Pemberian Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus terhadap Perkembangan Bayi usia 3-6 Bulan https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/39561/

Published

2020-12-28
Abstract viewed = 286 times