PERAN PERSONALIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA CUSTOMER SERVICE DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP NASABAH (Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Bengkulu)

Authors

  • Meilaty Finthariasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • yumi Septiani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amana Pratika Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Risya Deswandina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eno Edi Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Gefri Tahriansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/pbc.v1i1.3302

Keywords:

Peran, Manajer Personalia, Custumer Service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari personalia untuk meningkatkan kinerja customer service dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan BPRS Adam Bengkulu yang terdiri dari Bagian Staff Umum & Personalia serta Customer Service. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan manajer personalia dalam meningkatkan kinerja customer service adalah dengan program pengadaan, pelatihan, evaluasi, pemeliharaan dan pemberian kompensasi. Untuk pelatihan, perusahaan belum mampu melaksanakan pelatihan mandiri. Dari awal berdiri hingga saat ini BPRS Adam masih mengikutsertakan karyawan ke pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh instansi lain. Disamping masih baru, BPRS Adam juga masih menyesuaikan perusahaannya dengan perusahaan bank syariah lainnya.

Kata Kunci: Peran, Manajer Personalia, Custumer Service

References

Agustina, T. I. A. (2020). Peran Personalia Untuk Meningkatkan Kinerja Customer Service Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Nasabah (Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adam Bengkulu).

Apriyanti, R., Bahrun, K., & Finthariasari, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan , Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Kasus Pada PT . K3 / SIL Ketahun Begkulu Utara ). Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2), 189–194.

Ghofur, A. (2009). Hukum Perbankan Syariah. PT. Refika Aditama.

Harmen, H., Agustini, F., Aprinawati, A., & Amanah, D. (2019). Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Beberapa Perusahaan Bumn Di Kota Medan. Niagawan, 8(3), 140. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15572

Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2005). Pengertian Kualitatif.

Susan, E. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.

Onsardi, O., Finthariasari, M., & Hermawan, D. J. (2021) The Influence of Human Resource Management Practices on Employee Outcomes in Private and Public Banking in Indonesia. Geographical Education (RIGEO), 11(9), 1-8.

Sulastri, S., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Stres Kerja, dan Beban Kerja, terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(1), 83-98.

Sari, M., Onsardi, O., & Arianto, T. (2020). Pengaruh Rotasi Dan Mutasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PTPN 7 Cabang Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 109-116.

Sari, L. A., Onsardi, O., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan PT. BNI. Syariah Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 79-88.

Anjani, R. (2019). Tata Kelola Adminitrasi Keuangan, Dan Pembangunan Desa Tepi Laut Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2 (2).

Asmawi, M. (2017). The effect of compensation, empowerment, and job satisfaction on employee loyalty. International Journal of Scientific Research and Management, 5(12), 7590-7599.

Juliyanti, B., & Onsardi, O. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 183-191.

Pahlawan, A., & Onsardi, O. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Iklim Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Marketing Pada Pt. Agung Toyota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 153-163.

Arkat, F. (2020). The Effect Of Transformational Leadership Style And Work Spirit On Employee Performance At Raffles City Hotel Bengkulu Indonesia.

Dymastara, E. S., & Onsardi, O. (2020). Analisis Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sandabi Indah Lestari Bengkulu Utara. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).

Tupadela, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Promosi Jabatan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bengkulu. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).

Andriani, C., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kompensasi, Pelatihan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Marketing. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).

Gayatri, G. D., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Pemberdayaan Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Pemasaran (Pt Mayora Kota Bengkulu). (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(1), 1-9.

Lubis, N., & Onsardi, O. (2021). Pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Pt. Bukit Angkasa Makmur Bengkulu (Studi Kasus Karyawan Produksi Pt. Bam Bengkulu). (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 196-208.

Gunawan, R., & Onsardi, O. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mandiri Tunas Finance Cabang Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 224-231.

Yulandri, Y., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 1(2), 203-213.

Downloads

Published

2022-04-13 — Updated on 2022-04-13

Versions

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 245 times