Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Poli Anak

Authors

Keywords:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan

Abstract

Kepuasan pelanggan rumah sakit terhadap pelayanan masih mendapat banyak keluhan pasien yang fluktuatif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko selama tahun 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada poli anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh pasien dengan sampel penelitian sebanyak 50 pasien di Poli anak RSUD Kabupaten Mukomuko yang diambil dengan teknik accidental sampling pada bulan juli 2020. Hasil penelitian menunjukkan 50 pasien yang menyatakan kualitas pelayanan baik sebanyak 37orang (74%). Sebanyak 29 orang (48%) responden yang puas. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Poli anak RSUD Kabupaten Mukomuko yaitu p-value 0,2>0,05. RSUD Kabupaten Mukomuko untuk dapat melakukan pengukuran kepuasan lebih lanjut terhadap kualitas pelayanan yng telah diberikan selama ini agar mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan terhadap pelayanan rumah sakit yang dirasakan pasien.

References

Data Laporan Angka Kunjungan Pasien Poli Anak RSUD Kabupaten Mukomuko Tahun 2019.

Febriawati H, Yanuarti R, Oktarianita O, Yandrizal Y, & Angraini W. (2021). Tingkat Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Betungan Kota Bengkulu Tahun 2020. Window of Health, 4(3), 261–271. https://doi.org/https://doi.org/10.33368/woh.v4i03.685

Hanggraningrum, M. D., Hariyanti, T., & Rudijanto, A. (2017). The Effect of Service Quality on Outpatient Satisfaction of Dr. Soegiri General Hospital Lamongan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 15(4), 643-650. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam2017.015.04.11

Ikbal, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Cendrawasih. Patria Artha Journal of Nursing Science, 2(2), 135-144. http://dx.doi.org/10.33857%2Fjns.v2i2.185

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140-147. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Nurheda, N., & Rusman, A. D. P. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Maiwakabupaten ENREKANG. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), 202-216. https://doi.org/10.31850/makes.v1i3.106

Oktarianita, O., Febriawati, H., & Kurniawan, D. (2020). Hubungan Strategi Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu. Avicenna, 15(3), 198–205. https://doi.org/10.36085/avicenna.v15i3.978

Pangerapan, D. T., Palandeng, O. E. L. I., & Rattu, A. J. M. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9-18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkk/article/viewFile/18836/18386

Profil Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mukomuko. 2020. Poli Anak di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mukomuko: RSUD Kabupaten Mukomuko.

Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita, O. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2311

Siswati, S. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(3), 174-183.

Utama, S. T., Febriawati, H., Yanuarti, R., Ramon, A., & Oktarianita, O. (2021). Tingkat Kepuasan Layanan Pasien di RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Miracle, 1(1), 17–23.

Wahyuni, A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan di RSU Full Bethesda Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Rekam Medic, 3(1), 20-31. https://doi.org/10.33085/jrm.v3i1.4914

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Yuliadi, Y., Oktarianita, O., Pratiwi, B. A., & Sahputra, H. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Poli Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Miracle, 1(2), 74–79. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/miracle/article/view/3045
Abstract viewed = 155 times

Most read articles by the same author(s)