PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLAYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Biusnawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Yeni Meylani STIT Al-Quraniyah Manna
  • Uci Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Alfin Julianto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4901

Abstract

Pembelajaran matematika hanya berkisar kegiatan menuliskan rumus, membaca buku dan mengerjakan soal di buku siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak mampu memecahkan soal-soal cerita sehingga nilai matematika rendah. Rumusan Masalah : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V?; (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V setelah penerapan model pembelajaran REACT?. Tujuan Penelitian : (1) mengetahui penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V; (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V setelah penerapan model pembelajaran REACT. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metodel penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil Penelitian : Pelaksanaan penerapan model pembelajaran REACT dilaksanakan sebanyak II siklus dengan masnig-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran REACT mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 99 Bengkulu Selatan. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus 71,22, siklus I 72,64 dan siklus II 76,64. Selain itu peningkatan ketuntasan klasikal siswa pada pra siklus hanya 58,82%, pada siklus I menjadi 70,58% dan pada siklus II sudah pada angka 88,23% ketuntasan yang didapatkan siswa.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, REACT

References

Amir, H. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan R&D. Yogyakarta: Literasi Nusantara.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Bnadung: Rineka cipta.

Badeni, Meylani, Y., & Juwita, P. (2020). Development of Value Clarification Technique Learning Models-Based Role-Playing Game to Increase Internalization of Student Character Values. Icope 2019, 345–351. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.147

Baqi, M. F. A. (2020). Buku Hadist sahih. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Feby, & Abadi, A. P. (2020). Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferrin (REACT) Berbasis Etnomatematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 938–944. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2568

Husni, W. I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (React) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Di Man 4 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8805/

Meylani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Afektif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 171 Seluma. Jurnal Pendidikan, 1, 125–132.

Meylani, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(2), 164–172.

Mikaresti, P., Meylani, Y., & Perdima, F. E. (2021). Optimalisasi Penyampaian Materi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Gpo. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9482

Murdiana., Jumri, R.,. & Damara, B.E.P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0APengembangan

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Yogyakarta: Budi Utama.

Patimah, L., & Saniah, L. (2020). Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Transfering (React) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5, 187–196. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.3265

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263.

Sirajuddin, S., Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2018). Penerapan model REACT untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi arus listrik The Implementation of REACT Model to Improve Students ’ Science Process Skills in Electric Current Subject Matter. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i1.2011

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (D. A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sulastri, L., Ain, N., & Sholikhan. (2021). Pengaruh Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (React) Dan Motivasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4939

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 266 times