PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Authors

  • Rika Firma Yenni Universitas Tamansiswa Palembang
  • Malalina Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4891

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMP Patra Mandiri 2 Palembang dengan Materi Prisma. Metode yang digunakan eksperimen posttes-only control group design dengan subjek peserta didik kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang dengan dua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t rumus separated varian. Kesimpulan yang didapatkan adalah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMP Patra Mandiri Palembang dengan materi Prisma.

Kata Kunci : pendekatan, berpikir kreatif, prisma, Problem based learning

References

Abdurrozak, R. et al. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Sumedang: Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. doi: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Arisanti, W. O. L. et al. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82. doi: 10.17509/eh.v8i1.5125

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). doi: 10.21831/jpk.v0i1.10736

Dewi, V., & Ariani, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK di kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar (e-JIPSD), 8(3), 265–274. doi: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v8i3.10449

Dilla, S. C. et al. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129. doi: 10.31331/medives.v2i1.553

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. doi: 10.33394/j-ps.v6i2.1044

Fahrudin, F. A. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41. doi: 10.31764/jtam.v1i1.185

Febriana, R. et al. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. doi: 10.24127/ajpm.v9i1.2591

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. doi: 10.31004/basicedu.v5i3.924

Jumri, R. et al. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 656–659. doi: 10.21275/ART201818

Jumri, R., & Murdiana, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86–92. doi: https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9756

Jumri, R., & Murdiana, M. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning. Aksioma, 11(1), 1–7. doi: 10.22487/aksioma.v11i1.1901

Kadir, I. A. et al. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. doi: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.142

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). doi: 10.24176/re.v6i2.613

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswono, & Eko, T. Y. (2018). Pembelajaran matematika : berbasis pengajuan dan pemecahan masalah fokus pada berpikir kritis dan berpikir kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. doi: 10.36418/glosains.v2i2.21

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif / KTI). Jakarta: Prenadamedia.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 89 times