ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMAN 10 REJANG LEBONG MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sarwoedi SMAN 10 Rejang Lebong

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4882

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat faktor apa yang menjadi penyebab siswa kesulitan belajar matematika pada SMAN 10 Rejang Lebong selama pandemi covid-19 serta melihat apa saja upaya dari guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan yang menjadi subyeknya guru kelas XII IPA 1 dan 34 siswa kelas XII IPA 1 SMAN 10 Rejang Lebong. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket. Data dinalisis dengan  metode deskriptif kualitatif  untuk menggambarkan  jenis dan faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa dan upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Dari hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas XII IPA 1 SMAN 10 Rejang Lebong pada masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Covid-19

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & W. S. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Fithri, R. (2016). Psikologi Pendidikan. Buku Perkuliahan Psikologi Pendidikan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–164. http://digilib. uinsby.ac.id/20086/1/Psikologi belajar.pdf

Hastuti, E.S, Umam, K., Eclarin, L., & Perbowo, K.S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jumri, R. … Herawaty, D. (2022). The process of achieving the principles of the triangle area of middle school students through Youtube assisted learning during a pandemic. 5(4), 358–364. https://doi.org/https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.156

Jumri, R., & Risnanosanti. (2021). Learning Obstacle Konsep Kombinasi Pada. Jurnal MATH-UMB.EDU, 8(2), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1490

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020: Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) (Kebijakan singkat). Pusat layanan kemendikbud: www.kemdikbud.go.id

Kumalasari, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Priastuti, A.W., & Slamet HW. (2016). Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–7.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Runtukahu, J.T. dan Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi diterbitkan. Semanrang: Universitas Negeri Semarang.

Utami, Y.P., Cahyono, D.A.D. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84

Downloads

Published

2023-03-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 73 times