PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CERDAS PERKALIAN TERHADAP UNTUK HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 DI MI AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN

Authors

  • Kanti Aldino Hadi STIT Al-Quraniyah Manna
  • Uci Purnama Sari STIT Al-Quraniyah Manna
  • Alfin Julianto STIT Al-Quraniyah Manna

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4872

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model the nonequivalent pretest-posttest control. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa kelas 2 merasa kesulitan dan belum memahami materi perkalian, selain itu guru tidak kreatif dalam penggunaan media dan  kemampuan dalam penyusunan media belajar belum memadai. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika antara siswa kelas 2 MI Al-Quraniyah Bengkulu Selatan yang belajar menggunakan media papan cerdas perkalian terhadap siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode eksperimen semu. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes serta dokumentasi, sedangkan teknik untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif dan uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa posttest siswa kelas eksperimen dan kelas control adalah (3,10 ≥ 2,01), yang berarti (H2) diterima sedangkan (H0) ditolak. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian untuk hasil belajar matematika siswa kelas 2 di MI Al-Quraniyah Bengkulu Selatan.  

Kata Kunci: hasil belajar, papan cerdas perkalian.

References

Heruman. (2014). Model pembelajaran Matematika di Sekolahl Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jumri, R., & Murdiana, M. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning. Aksioma, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1901

Lesari, E.K., & Tudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandug: PT.Refikal Aditama

Muhlisrarini, & Ali, H. (2012). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Nunuk, S., & Leo, A. (2014) .Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Riyanto,Y. (1996).Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Ronald, A. (1987). Pemilihan dan pengembangan media untuk pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Rostina, S. (2018). Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdikbud

Utami, U.B., Purnamasari, V.,& Supandi, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 4 Sidodadi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar),7(1).

Downloads

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 241 times