PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection dan Extention) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Nikmaturrahma Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4706

Abstract

Penelitian dilakukan sebagai sarana pembuatan modul pembelajaran matematika cetak berbasis ICARE, dengan tujuan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE terbentuk dari 5 langkah yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi)Dalam proses pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis ICARE ini, dalam mengukur modul pembelajaran matematika agar layak untuk digunakan ialah penggunaan lembar validasi ahli sebagai pengukur kevalidan modul, serta angket respon juga tes hasil pembelajaran digunakan mengukur keefektifitasan modul, serta kemampuan kemandirian belajar menggunakan modul matematika berbasis ICARE. Subjek dalam penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas VII SMP Sunan Giri Menganti, dengan mempelajari materi yang ada didalam modul secara mandiri, lalu menyelesaikan persoalan yang sudah dikemas dalam modul secara berdiskusi dengan teman, lalu mengerjakan soal latihan secara mandiri dan setelah itu diberikan  angket  respon  untuk  mengukur  keefektifan modul yang telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan modul berdasarkan validasi ahli materi sebanyak 92,2% dan ahli media sebanyak 92%, keefektifan memperoleh hasil 89,204% serta kemandirian  belajar  siswa  yang  didapat dengan  nilai  hasil belajar peserta didik  mendapatkan hasil sebesar 94,58%. Dari hasil yang diperoleh pengembangan modul matematika berbasis ICARE dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar siswa. 

Kata  Kunci:  pengembangan, modul, pembelajaran matematika, kemandirian belajar.

References

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dwijayani, N. M. (2018). Pembelajaran ICARE berbantuan permasalahan matematika realistik. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 12(1), 1–13.

Luvi, A., Syaifudin, & Nia, P. (2022). Pendekatan ICARE (Introduction, Connection, Apllication, Reflection, Extension) dalam LKPD Pelajaran Matematika Kelas VII SMP. EduMatsains, 7(1), 183–196.

Purwaningsih, Anggoro, B. S., & Fadila, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika materi statistika berbasis Icare (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 189–197. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=7dSw3EcAAAAJ&citation_for_view=7dSw3EcAAAAJ:Se3iqnhoufwC

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warso, A. W. D. D. (2016). Pembuatan Buku, Modul, Diktat & Nilai Angka Kreditnya. Pustaka Pelajar.

Yumiati, & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran ICARE (Introduction,connection,Apply

Downloads

Published

2023-03-27

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 170 times