ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 6 KERINCI

Authors

  • Nila Tria Nengsih STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.3895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar peserta didik  SMA Negeri 6 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah peserta didiknya 101. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling untuk mengelompokkan gaya belajar dan simple random sampling untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang terdiri dari 5 peserta didik gaya belajar visual, 5 peserta didik gaya belajar auditorial dan 5 peserta didik gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar dan yang berbentuk essay sebanyak 5 butir, sebelum tes diberikan terlebih dahalu, angket dan tes di uji cobakan pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Kerinci.Uji hipotisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova satu jalur, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dilihat Dari Rata-rata kelompok visual sebesar 88, kelompok auditorial 75 dan kelompok kinestetik 56. Dimana nilai sig. (p-value) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar peserta didik. (2). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memilik gaya belajar audiatorial dan kinestetik, dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya belajar audiatorial lebih tinggi dari siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik.

Kata Kunci: Kemampuan, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar

References

Abdullah, AH., Abidin, NLZ., & Ali, M. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills Problems for the Topic of Fraction. Asian Sosisal Science, 11(21), 133-142. http://eprints.utm.my/id/eprint/57811/1/AbdulHalimAbdullah2015_AnalysisofStudentsErrorsinSolvingHigherOrder.pdf

Dewi, SH., Susanto., & Lestari, NDS. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bersandar NCTM (National Council of Teacher of Mathematic) di sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII pada pokok bahasa Statistik. Jurnal Edukasi, 2(3), 25-30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365/3302

Fahradina, N., Ansari, BI., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok, Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54-64. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2077/2031

Kasmadi, & Siti, SN. (2013). Panduan Modern Penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 70-80. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/415

Manibuy, R., Mardiyana., & Saputro, DRS. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933-945. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10520.

Rahmad, BA., & Rahmawati, D. (2017). Symbolic and Verbal Representation Process of Student in Solving Mathematics Problem Based Polya’s Stages. International Education Studies, 10(10), 20-28. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1156292.pdf

Romika, & Amalia, Y. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Media Visual dan Non Visual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Dengan Teori Van Hiele. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 18-32. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/255/241

Sugiyono (2012). Metode Peelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/410/442

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 126 times