PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Aroh UNMA Banten
  • Nenden Suciyati Sartika Universitas Mathlaul Anwar Banten
  • Asep Sujana Universitas Mathlaul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.3646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Panggarangan pada materi trigonometri. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Panggarangan tahun ajaran 2021/2022. Metode yang  digunakan  adalah  metode kuasi eksperimen.  Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen pembelajarannya   menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), dan kelas kontrol  menggunakan model pembelajaran   konvensional. Pengambilan data menggunakan   instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis matematika berbentuk essay. Nilai rata- rata hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa dilihat dari perhitungan Gain adalah 0,57 untuk kelas eksperimen dan 0,29 untuk kelas kontrol, pada uji hipotesis dengan uji t di dapat  Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hasil  penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih tinggi dari pada siswa  yang  menggunakan  model  pembelajaran  konvensional.  Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

References

Astuti, N., Asep, S., & Rusdian, R., (2019). Penerapan Strategi Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPPM Vol. 12 No. 1.P 173-181. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4864

Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Amri, Sofan., (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinandar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Smk Dharma Karya Jakarta. Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24810 Pada Tanggal 26 Januari 2022 pukul 20:40.

Kemendikbud (2019). Hasil PISA Indonesia 2018. Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2019/12/ pada tanggal 25 januari 2022 pukul 23.00

Rahman, R. (2013). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Antara Yang Memperoleh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achevement Division (STAD) dengan Tipe Jigsaw. Tesis Pasca Sarjana UNPAS Bandung: Tidak diterbitkan

Sugiyono,(2013) Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(3), 119.

Diakses dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708 pada tanggal 28 januari 2022 pukul 11.00

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 95 times