PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Usdeka wati SMP Negeri 15

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3213

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 langkah yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 orang siswa. Pengumpulan data diperoleh dari observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara melibatkan siswa dalam pembelajaran melalui pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, memberikan teguran kepada siswa yang melakukan tindakan yang tidak relevan dengan pembelajaran, memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran melalui penghargaan kepada kelompok terbaik dan guru menentukan secara acak perwakilan kelompok yang akan mempresentasikan hasil diskusi. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa, pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif dengan rata-rata skor pengamatan 22. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi kategori aktif dengan rata-rata skor 28. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan  hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes belajar siklus I dan siklus II yaitu: 72,87 dan 78,97. Dengan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan siklus II, yaitu: 50,00 % dan 77,41 %.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

 

Abstract

This research aims to know how the application of student team achievement division learning model (STAD) to improve activity and learning outcomes VII B students of SMPN 15 Bengkulu City. The method of data collection in this study was observation and test of learning outcomes. The stages involved include planning, implementing actions and observing and reflecting. The subjects of the study were teachers and VII B which consist of 32 students. Data collection technique was  observation sheet student learning activities and learning results test. Based on the results of research can be concluded that application of student team achievement division learning model could improve student learning activities by involve students in learning by providing questions to students, give warning to students who commit acts that are irrelevant to learning, motivate students to be more active in learning with the achievement to best group and teachers randomly determine which groups representatives will present the results of discussions. Based on the results of student activity observation sheet, on the cycle I student activity is in the category quite active with an average score of observation 22. on the cycle II student activity increases to the active category with an average score of each 28. Application of STAD could improve student learning results. Improving student learning results seen from the tests results from cycle I and cycle II namely: 72,87 and 78,97. The percentage of students learning completeness cycle I and cycle II, namely: 50,00% and 77,41%.Keywords : Cooperative Learning, STAD, Student Activities, Learning Results.

References

REFERENSI

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan strategi pembelajaran kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama widya

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung: Alpha Beta.

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group).

Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action research Planner (doing Critical Participatory Action research). Singapura: Springer.

Slavin, R,E. (2015). Cooperative Learning Theory,Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 61 times