EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SMP NEGERI 3 PAGARALAM

Authors

  • Ria Erviana STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Novi Susanti STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Neni Lismareni STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.3005

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan penggunaan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Pagaralam. yang ditinjau dari aspek (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, (3) respon siswa. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dimana pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kls VII SMP Negeri 3 Pagaralam, dan  Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.A yang dipilih secara random sampling ? acak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis aktivitas siswa dalam 3 pertemuan diperoleh rata-rata 82,6% yaitu dalam kategori baik, sedangkan analisis hasil belajar siswa yang tuntas yaitu sebesar 87% termasuk kategori baik. Dan hasil analisis respon siswa dengan rata-rata 4 termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh informasi bahwa aktivitas pembelajaran siswa setiap aspek yaitu aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil belajar siswa dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran memenuhi kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching adalah efektif.

Kata kunci: Efektivitas, Reciprocal Teaching, Hasil Belajar

 

Abstract

The goal of this study was to see how efficient the Reciprocal Teaching methodology was in helping students learn mathematics at SMP Negeri 3 Pagaralam. which considers (1) student learning outcomes, (2) student activities, and (3) student replies.The data gathering methods are test, observation, and questionnaires, and the research approach is quantitative research with a descriptive research design. The study's population consisted of all seventh-grade students at SMP Negeri 3 Pagaralam, with the research sample consisting of grade VII.A students chosen at random. Quantitative descriptive analysis was used to analyze the data. The examination of student activities in three meetings yielded an average of 82.6 percent, which is considered good, while the analysis of student learning outcomes yielded an average of 82.6 percent, which is also considered good. which is in the good group, whereas the total study of student learning outcomes, which includes the good category, is 87 percent. Also in the good category are the findings of the study of student replies with an average of 4.According to the findings of the research and data analysis, every area of student learning activities, including student actions during learning, student learning outcomes, and student replies after participating in learning, fulfilled good criteria. It may be concluded that employing the Reciprocal Teaching paradigm to learn mathematics is effective.

Keywords: Effectiveness, Reciprocal Teaching, and Learning Outcomes

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Herman, A. (2014). Penerapan Model Reciprocal Teaching pdada pembelajaran matematik., Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, No. 1:13-17.

Heryani, Y. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan berpikir Kreatif Matematik Mahasisw. Jurnal Siliwangi, Vol.2. No.2.117-118

Muslikah, I. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Chart dan Model pada kelas VIII SMP N 3 Kartasura. Surakarta: Skripsi (tidak diterbitkan)

Nilaswati, dkk. (2012). Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN 26 Padang. Universitas Pasundan Bandung

Riduan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sabarata. (2004). Keefektifan Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Problem Posing Topik Relasi, Pemetaan dan Grafiknya di SLTP Negeri 2 Moyudan Yogyakarta. Tesis

Sardiyanti, R. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komukasi Matematis. Universitas Pasundan Bandung.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: masmedia buana pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) Surabaya: Kencana.

Usman, M.R. (2010). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model MEA (Means-ends-Analysis) pada siswa SMP. Jurnal Majamath 2 (1)

Downloads

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 93 times