PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMKN 5 BENGKULU UTARA

Authors

  • Olivia Faradila Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2947

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran problem basedlearning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 05 Bengkulu Utara semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem basedlearning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar siswa sikus I pada sesi pertama dan kedua, siklus II pada sesi pertama dan kedua  secara berturut-turut adalah 18.5 (cukup aktif) dan 17.5 (cukup aktif), 24.5 (baik) dan 24 (baik). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pemebelajaran matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 58.19 (TKPM rendah) dan 72.22 (TKPM sedang) serta ketuntasan belajar siswa siklus I dan siklus II secara berturut-turut 44.44% (belum tuntas) dan 85.19 (tuntas). Berdasarkan penelitian di atas, model problem basedlearning ini dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar,  kemampuan pemecahan masalah, problem based learning

 

Abstract

Study aimstoimproveactivitiesand problem solvingskillsbyapplying a problem basedlearning model. Thisre searchis class room action research (PTK) with data collection techni ques through activity observation sheets and cycle tests heets. The subjects of this study were students of class X SMKN 05 Bengkulu Utara intheodd semester of the 2020/2021 academic year totaling 27 students. The results of this study in dicatethatthe application of the Problem Based Learning model canimprove learning activities and students' problem solving abilities. The increasein student learning activities can beseen from there sults of observations of student learning activities in cycle I in the firs tand second sessions, cycle II in the firs tand second sessions respectively are 18.5 (Quite Active) and 17.5 (Quite Active), 24.5 (Good) and 24 (good). The in crease in the problem-solving ability of students' mathematics learning span can beseen from the aver age value of the problem-solving ability level incycle I andcycle II, respectively, whichis 58.19 (Low TKPM) and 72.22 (Medium TKPM) as well as student learning completenessin cycle I and cycle II respectively 44.44% (Unfinished) and 85.19 (Completed).

Keywords: learning activities,problem solving abilities,problem based learning

References

REFERENSI

Ariand, Y. (2016). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelejaran PBL. Seminar Nasional Matemartika X. Universitas Negeri Semarang. Hal 580-581.

Gustama, S. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Luar Kelas (OutdoorMathematics) Kelas VII E Di SMP N 11 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika. Universitas Bengkulu.

Istijabah. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Imogiri. Pendidikan matematika. Universitas PGRI Yogyakarta.

Limaya, L. (2019). Berfikir Kritis Dan PBL (problem based learning). Surabaya. Media sahabat cendikia.

Muksin, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu Dalammateri Relasi Dan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah : Teory Dan Penerapan. Jawa Timur. Caremedia Communiti.

Nisak, K. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMPN 2 Idra Jaya Sigili. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY.Darusalam Banda Aceh.

Novika, A. T. (2014). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem BasedLearning) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Kelas VII SMP N 5 Kota Bengkulu.Fkip Matematika.Universitas Bengkulu.

Santoso, B., dkk. (2020). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajran Problem BasedLearning berbantu alat peraga konsep gerak lurus.Jurnal Kumparan Fisika. Vol 3. No 1. Hal 11.

Shadiq, F. (2008). Bagaimana cara mencapai tujuan pembelajran matematika di SMK. Yogyakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dantenagaKependidikan Matematika.

Shobrina, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem basedlearning (PBL) terhadap kemampuan pemechan masalah matematika siswa kelas III MI darul ulum watesngeliyahth. Ajaran 2017/2018.Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan. Universitas islam negeri walisongo

Simamorang, R. E dan Dewi RotuaSidabuntar. (2017). penerapan model problem basedlearning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VII SMP Negeri 3 Medan. Hal 422-425.

Trygu. (2020). Study Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Spasi media member of guepedia grup.

Yuartiningsin, R., dkk. (2017). Pengembangan perangkat pembeajran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dikelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. No. 2. Hal 259-260

Downloads

Published

2022-04-28

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 139 times