ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMETIKA SOSIAL BERBENTUK CERITA

Authors

  • Astria Widiarti
  • Masri -

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2311

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa, dan untuk mengetahui apa saja penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMPN 03 Mukomuko yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini terrdiri dari tes dan wawancara, tes kesalahan berupa uraian soal cerita, dan wawancara dilakukan kepada 4 siswa yang banyak melakukan kesalahan. Data dianalisis dengan deskriptif yaitu menggambarkan tentang suatu subjektif. Dari hasil tes kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan indikator polya dengan kesalahan diantaranya yaitu kesalahan memahami soal dengan sebesar 98,8%, kesalahan menyusun rencana sebesar 86,6%, kesalahan melaksanakan rencana sebesar 63 %, kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh sebesar 88,3%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial berbentuk cerita adalah karena siswa tidak memahami masalah pada soal, karena kebiasaan siswa tidak menulis apa yang ditanya dan diketahui pada soal, karena siswa tidak dapat menyusun informasi dari soal untuk merubah kedalam model matematika, karena siswa tidak mengetahui rumus yang digunakan dalam soal, karena siswa bingung untuk melakukan langkah-langkah penyelesaian, dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan jawaban pada soal, karena kebiasaan siswa setelah menyelesaikan jawaban tidak memeriksa kembali hasil yang diperoleh, dan tidak menarik kesimpulan pada soal, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial berbentuk cerita.

Kata kunci : analisis, kesalahan, aritmetika, sosial

Abstract

This study aims to describe the types of errors made by students, and to find out what causes students to make mistakes in solving story problems on the subject of social arithmetic. This type of research is descriptive qualitative. The subjects of this study were all students of class VII E SMPN 03 Mukomuko, totaling 30 students. The instrument in this study consisted of tests and interviews, error tests in the form of descriptions of story questions, and interviews were conducted to 4 students who made a lot of mistakes. The data were analyzed descriptively, namely describing a subjective. From the results of the error test made by students based on the polya indicator with errors including errors in understanding the questions by 98.8%, errors in planning 86.6%, errors in implementing plans by 63%, errors in re-checking the solutions obtained by 88, 3%. The factor that causes students to make mistakes in the steps to solve math story problems on the subject of social arithmetic is because students do not understand the problem in the problem, because students' habits do not write what is asked and know about the problem, because students cannot compile information from the questions to change it into mathematical model, because students do not know the formula used in the problem, because students are confused about taking steps to solve the problem, and are less careful in calculating answers to questions, because students' habits after completing answers do not re-examine the results obtained, and do not draw conclusions on the questions, the results of this study indicate that there are still many mistakes made by students in solving math story problems on the subject of social arithmetic

Keywords: analysis, error, social, arithmetic

References

Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP Di Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika ( MPM-SMP ). Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 46–62.

Katon, K. S., Arigiyati, T. A., Matematika, P., & Tamansiswa, U. S. (2015). Analisis kesalahan siswa menurut polya materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 576–580.

Kusmanto, Hadi & Iis Marliyana (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemempuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genapa SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. 3(2),62.

Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345

Nurhabibah, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 182–193. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 61–68.

Setyono, D., & Sutarni, S. (2013). Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 65–74.

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206

Downloads

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 110 times