PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 9 MUARO JAMBI

Authors

  • Relawati Relawati Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2257

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya penggunaan media pembelajaran di sekolah. Guru sebenarnya sudah pernah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer yaitu Microsoft power point tetapi belum mendapatkan hasil optimal untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial menggunakan video berbasis Powtoon untuk siswa kelas VII SMP Negeri 9 Muaro Jambi yang memenuhi aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1)Analisis, 2)Perancangan, 3)Pengembangan, 4)Pelaksanaan, dan 5)Penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1)ahli desain diperoleh hasil rata-rata 4 atau kategori Baik atau mendapat nilai 80% atau kategori Layak. 2)ahli materi diperoleh total rata-rata 4,4 atau kategori Sangat Baik atau mendapat nilai 88% atau kategori Sangat Layak. 3)ahli media diperoleh total rata-rata 3,9 atau kategori Baik atau mendapat nilai 79% atau kategori Layak. Penilaian oleh siswa dilakukan dalam 3 tahap: 1) uji coba perorangan diperoleh rata-rata 4 atau kategori Baik atau mendapat nilai 80% atau kategori Sangat Layak. 2)uji coba kelompok kecil diperoleh total rata-rata 4 atau kategori Baik atau mendapat nilai 80% atau kategori Sangat Layak. 3)uji coba lapangan diperoleh total rata-rata 4,2 atau kategori Sangat Baik atau mendapat nilai 85% atau kategori Sangat Layak. Dengan demikian media pembelajaran Powtoon pada materi aritmatika sosial ini dinyatakan valid, praktis sehingga layak digunakan.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, powtoon.

Abstract

This research is motivated by the weak use of learning media in schools. Actually, teachers have used computer-based learning media, namely Microsoft power point, but have not gotten optimal results to improve student understanding. Meanwhile, the purpose of this research is to develop mathematics learning media on social arithmetic material using Powtoon-based video for seventh grade students of SMP Negeri 9 Muaro Jambi which meets the aspects of validity and practicality. This research is a development research (R&D). The research model used is ADDIE, which consists of 5 stages, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Assessment. The results showed that the quality of learning media based on the assessment of: 1) design experts obtained an average result of 4.4 or the "Good" category or it scored 80% or the "Decent" category. 2) the material expert obtained a total average of 4.4 or the "Very Good" category or it gets a score of 88% or the "Very Eligible" category. 3) media experts obtained a total average of 3.9 or the "Good" category or it gets a score of 79% or the "Decent" category. The assessment by students was carried out in 3 stages: 1) individual trials obtained an average of 4 or the "Good" category ot it gets a score of 80% or the "Very Eligible" category. 2) the small group trial obtained a total average of 4 or the "Good" category if the percentage received a score of 80% or the "Very Eligible" category. 3) the field trial obtained a total average of 4.2 or the "Very Good" category or it gets a score of 85% or the "Very Eligible" category. Thus the Powtoon learning media on this social arithmetic material is declared valid, practical so that it is feasible to use. 

Keywords : Learning Video,powtoon.

Author Biography

Relawati Relawati, Universitas Batanghari Jambi

Pendidikan matematika

References

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Innovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R.(2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Djamarah, S.B dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jatiningtias, N.H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi. Semarang: Program Pascasarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Pangestu, M.D dan Wafa, A.A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Materi Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Ekonomi. Vol. 11, No. 1.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 162 times