PENGEMBANGAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Sintiya Puspita Sari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Nyayu Masyita Ariani UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2230

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini untuk menghasilkan soal matematika yang valid, jelas dan terstandar yaitu memiliki tingkat kesukaran dan indeks daya beda yang baik  sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis pada siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Tessmer dengan tahapan preliminary, self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Subjek penelitian ini adalah 30  siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan. Analisis kualitatif pada tahap expert review untuk memvalidasi soal  segi konten, konstruk dan bahasa.  Tahap one-to-one untuk menganalisis keterbacaan  soal, dan pada tahap small group dilakukan analisis kuantitatif untuk mengetahui karakteristik soal berdasarkan tingkat kesukaran dan indeks daya beda butir soal. Hasil penelitian  diperoleh  12 soal yang terstandar yaitu valid, jelas yang memiliki tingkat kesukaran dan indeks daya beda yang baik  serta dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: soal matematika, berpikis kritis matematis.

 

Abstract

This study aims to produce valid, clear and standardized mathematical questions that have a good level of difficulty and a different powor index according to indicator of critical thinking skill in junior high school students. This development research uses the Tessmer model with preliminary, expert review, one-to-one and small group stage. The subjects of this study were 30 students of class VIII SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan. Qualitative analysis at the expert review stage to validate questions in terms of content, construct and language. The one-to-one stage is to analyze the readability of the question, and in the small group stage quantitative analysis is carried out to determine the characteristics of the questions based on the level of difficulty and the discriminatory power index of the items. The results of the study obtained 12 standardized questions, namely valid, clear which have a good level of difficulty and discriminatory power index and can be used to train students’ critical thinking skills.

Keywords: items test, mathematical critical thinking.

References

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction To Measurement Theory. California: Cece Munshon.

Departemen Pendidkan dan Kebudayaan. (1999). Penggelolaan Pengujian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama. https://katulis-com.cdn.ampproject.org

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 tentang standar isi untuk tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta. Diakses pada tanggal 02 Mei 2020, dari: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf.

Kompri, E. (2015). Manajemen Pendidikan. Depok: Penerbit AR-RUZZ MEDIA.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Penerbit: PT. Refika Aditama.

Ma’rifah, N & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04 (01): 1-9.

Molan, B. (2012). Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: PT Indeks.

Pardomuan, N.J.M.S. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasi dalam Pembelajaran.

Permendikbud. (2014). PMP MTK SMP. http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP. Diakses Juni 2017

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan Page

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Zulkardi. (2006). "Formative Evaluation: what, why, when, and how". Diambil 27 Januari 2021. (http://www.oocities.org/zulkardi/books.html).

Downloads

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 201 times