PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1850

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) di SMP Negeri 7 Prabumulih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen, dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Prabumulih kelas VIII.1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk essay dimana soal tes ini mengacu pada empat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Gain Ternormalisasi dan uji-t (Paired Sample T-Test). Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan uji gain ternormalisasi diperoleh indeks gain sebesar 0,21 dan hasil perhitungan dengan uji-t (hipotesis) diperoleh 21, 998. Berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) di SMP Negeri 7 Prabumulih.

Kata kunci: TAI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

 

Abstract

The purpose of this research is to know whether or not the improvement of students' mathematical problem solving abilities after applied Team Assisted Individually (TAI) learning model in SMP Negeri 7 Prabumulih. The method used in this research is the pre-experiment method, with the subject in this study is the students of SMP Negeri 7 Prabumulih class VIII.1. Technique of data collecting using essay test where this test problem refers to four indicator ability problem solving mathematically. Data analysis technique used is normalized test and t-test (Paired Sample T-Test). Based on the results of the calculation with the normalized gain test obtained a gain index of 0.21 and the results of calculations with t-test (hypothesis) obtained 21, 998. Means Ho rejected, it can be concluded that there is a significant increase in mathematical problem solving abilities students after applied model Team Assisted Individually (TAI) learning at SMP Negeri 7 Prabumulih.

Keywords: TAI, Mathematical Problem Solving Ability

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahradina, N., Bansu, I., A., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1), 54-64.

Harmini, T. (2016). Ektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surakarta, 533-546.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karim., & Aulia, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 58-67.

Kesumawati, N., Allen, M., R., & Novita, S. (2017). Pengantar Statistik Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kesumawati, N., & Ichwan, A. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noerfikri Offset.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematis Realistik. Disertasi Dokter pada Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, 69-98.

Lestari, K., E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurrizki, D., Reviandari, W., & Elly, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran TAI terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, MP 291-296.

Purwanti, & Anizar A. (2016). Peningkatan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Mind Map. Jurnal Didaktik Matematika, 3 (2), 19-34.

Ridayanti, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 603-608.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Wahyuni, K., S., Yerizon., & Dodi, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 12-16.

Downloads

Published

2021-10-13

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 149 times