PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII.D SMPN 11 KOTA BENGKULU

Authors

  • Yetti Widiarti SMP Negeri 11 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu. Subyek penelitian adalah peserta didik/i kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan yaitu pada tanggal 14 – 25 Januari 2019. Siklus II dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan yaitu pada tanggal 28 Januari s.d 8 Februari 2019. Rata – rata hasil belajar peserta didik siklus I adalah 73 dan siklus II adalah 79. Dengan ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I adalah 61% dan pada siklus II sebesar 77%.

Kata kunci:  hasil belajar, pendekatan saintifik

References

Kemendikbud. 2016. Modul Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kemdikbud

Kemendikbud. 2017. Matematika Kelas VIII (Buku Peserta didik). Jakarta : Kemendikbud

Kemendikbud. 2018. Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Modul Materi Bimtek

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016

Saur Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga.

Waseso, Purbo. 2018. Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. Jurnal studi pendidikan islam Vol.1 No.1 Januari 2018. https://media.neliti.com/media/publications/264714-kurikulum-2013-dalam-prespektif-teori-pe-48cd9498.pdf

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 126 times