LEARNING OBSTACLE KONSEP KOMBINASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Rahmat Jumri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Risnanosanti Risnanosanti

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle terkait konsep kombinasi pada pembelajaran disekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengidentifikasi learning obstacle pada konsep kombinasi ini menggunakan tes kemampuan responden terdiri dari lima buah soal essay yang mengacu pada indikator pemahaman konsep. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa SMAN 1 Lebong Utara berjumlah 35 siswa dan mahasiswa FKIP matematika UMB berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat tipe learning obstacle, yaitu : tipe 1 adalah learning obstacle terkait konsep kombinasi, tipe 2 adalah learning obstacle  terkait concept image pada kombinasi, tipe 3 adalah learning obstacle  terkait variasi informasi yang tersedia pada soal, tipe 4 adalah learning obstacle terkait dalam penyelesaian soal pemecahan masalah pada kombinasi.

Kata kunci : laerning obstacle, kombinasi,  matematika.

References

Brousseau, G. (1997). Theori Of Didactical Situation In Mathematics. Dordrecht: Klawer Academic Publisher Group.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teor Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Mubarik. (2013). Profil Pemecahan Masalah Siswa Auditorial Kelas X SLTA pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Di Akses Tanggal 02 Februari 2013 dari http://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=111562

Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Murdiana, M., Jumri, R., Damara, B.E.P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 5, No 2, Hal 152-160.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia Kontatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan.Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 212 times