PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPN KECAMATAN KEMAYORAN

Authors

  • Aulia Masruroh Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1451

Abstract

Status sosial ekonomi orangtua memiliki peran terhadap penguasaan konsep siswa. Pemenuhan fasilitas belajar yang baik dapat mendorong siswa untuk rajin belajar. Fasilitas belajar sangat mempengaruhi penguasaan konsep siswa karena pemenuhan fasilitas belajar yang memadai dan lengkap akan mendorong siswa untuk mendapat hasil yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh langsung sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan fasilitas belajar (2) mengetahui pengaruh langsung sosial ekonomi orangtua terhadap fasilitas belajar (3) mengetahui pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap penguasaan konsep matematika, (4) mengathui pengaruh tidak langsung sosial ekonomi orangtua terhadap penguasaan konsep matematika melalui fasilitas belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dari tiga Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat yaitu SMP Negeri 228 38 siswa, SMP  Negeri 269 23 siswa, dan SMP Negeri 79 27 siswa, total jumlah sampel 88 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan tes. Analisis data dengan menggunakan metode analisis jalur. Uji statistik yang digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar 423. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan fasilitas belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa dengan koefisien jalur sebesar 0,548. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung sosial ekonomi orang tua terhadap penguasaan konsep matematika melalui fasilitas belajar dengan koefisien jalur sebesar 0,232.

Kata kunci: sosial ekonomi orangtua, fasilitas belajar, konsep matematika

References

Ariyanto, Dwi. (2012). Pengaruh Antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Kelaurga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal UNNES. I(1): 38-42.

Cahyani&Masruroh. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal dan Kecerdasan Emosional terhadap Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Sains Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta: 20 Juni 2021. Hal. 462-471.

Dalyono.(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuady. (2016). Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu tahun 2015/2016. Jurnal Unversitas Muhamadiyyah Surakarta. III(2): 2-11.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hudoyo.(2005). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhamad, H., Agus, E., & Basori. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 12(2), 56–64.

Muhibbin S. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional. (2005). Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. (2006). Jakarta: Depdikbud.

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(5).

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Safitri, F. N., & Kustini, S. (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Educational Journal, 3(2).

Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sudjana. (2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumardi. (2011). Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: CV Rajawali Citra Press.

Suryabrata S. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Thohir, M., Soesatyo, Y., & Harti H. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Percaya Diri terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdikbud.

Wahyuni, Sri. (2010). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Pemanfaatan Media Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.Tesis tidak dipublikasikan, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Zulkardi.(2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 187 times