ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KOSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA KULIAH ANALISA KOMPLEKS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1432

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemampuan pemahaman konsep sangat penting sebagai capaian pembelajaran lulusan yaitu menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah dan menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori kemampuan pemahaman konsep matematis melalui metode pembelajaran mandiri. Penelitian menggunakan model penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kleas 7C program studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika dan observasi. Dari hasil tes yang diperoleh menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dalam kategori rendah 13,89% (5 orang), kategori sedang 77,78% (28 orang) dan kategori tinggi 8,33% (3) orang. Sedangkan untuk  rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa adalah 44,14 termasuk dalam kategori sedang. 

Author Biography

Sudiyah Ana Wati, Universitas Indraprasta PGRI

Bekerjalah dengan Ikhlas

References

Diana, Putri, Indiana Marethi, and Aan Subhan Pamungkas. 2020.Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4(1): 24.

Firman. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi . Jurnal Bioma, Vol.2, No.1, Juni 2020, Pp. 14-20

https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743

Handayani dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dasar e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganeha 3: 1–10.

Mawaddah, Siti dkk. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 76–85. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010.

Nasir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putra dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Di PKBM Bina Mandiri Cipageran).Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 13(1): 23–36.

Suardana, I Kade. 2010. Implementasi Model Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. : 56–65. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 1, April 2012, hlm.56-65.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 446 times