“TOTALITAS” KONTEN SOSIAL MEDIA REMAJA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Fitria Yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Suryadi Suryadi Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v2i1.3091

Abstract

Respon publik menjadi motivasi tersendiri bagi pengguna sosial media dalam menampilkan dan atau membagikan konten pribadi dalam akun sosial media mereka, tidak jarang segala hal dilakukan pengguna untuk dapat menjadi viral. Tidak sedikit pengguna yang secara totalitas memproduksi konten, baik dari segi konsep, peralatan yang digunakan, maupun materi yang dikeluarkan demi menghasilkan konten sesuai dengan yang diharapkan. Totalitas secara positif akan menghasilkan produksi konten yang bagus dan dapat menarik perhatian publik. Namun pada kenyataannya tidak sedikit pengguna sosial media yang “over†totalitas dalam memproduksi konten, berlebihan dan menghalalkan segara cara agar dapat viral melalui konten yang mereka bagikan kepada publik melalui sosial media.

Fenomena tersebut menarik untuk diteliti dengan fokus pada remaja yang penggunaan sosial medianya didasari oleh pola pikir dan keinginan untuk mengikuti tren perkembangan zaman. Karena pada masa remaja itu sendiri proses peralihan dari anak-anak ke dewasa membuat remaja membutuhkan perhatian yang lebih, apresiasi atas diri, maupun pengakuan atas identitas, sehingga respon publik menjadi sesuatu yang bernilai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tentang sejauh mana “totalitas†remaja khususnya di kota Bengkulu dalam memproduksi konten sosial media,  apakah totalitas yang dilakukan lebih mengarah pada hal yang positif, ataupun negatif, apa yang mendasari, dan apa pengharapan nilai dari “totalitas†yang dilakukan remaja tersebut dalam memproduksi konten sosial media. Sehingga penelitian ini menghasilkan pemahaman tentang seberapa besar peran sosial media bagi remaja di Kota Bengkulu, serta pemahaman tentang seberapa tinggi tingkat literasi media remaja  yang tampak dari pemanfaatan sosial media yang lebih mengarah pada pemanfaatan yang positif ataupun pemanfaatan yang negatif.

Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dimana data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan penelitian dilakukan dengan Random sampling. Dimana data yang telah dikumpulkan nantinya dianalisis melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, display data dan verifikasi data.

 

Kata Kunci : Totalitas, Konten, Sosial Media, Remaja, Bengkulu

References

Doswell, Willa:Braxter. Betty:Cha, EunSeok: Kim, Kevin (2011). “Testing the Theory of Reasoned Action in Explaining Sexual Behavior Among African American Young Teen Girls.†Journal of Pediatric Nursing.

Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology: A Lifespan Approach (terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta:Erlangga GUnarsa

Manning, J. (2014.) Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopedia of social media and politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.

Mishra, Shruti. 2020. Social Media Marketing. Jaipuria Institute of Management Lucknow. Researchgate Publication.

Riese, Monica. 2016. The definitive history of social media. The Daily Dot.

Rogers Gillmore, Mary; Archibald, Matthew; Morrison, Diane; Wilsdon, Anthony; Wells, Elizabeth; Hoppe, Marilyn; Nahom, Deborah; Murowchick, Elise. 2002. "Teen Sexual Behavior: Applicability of the Theory of Reasoned Action". Journal of Marriage and Family. 64 (4): 885–897.

Schaufeli, W.B. & Bakker, A.B. 2004. Job Demans, Job Resources, and Their Relationship With Burnout and Engagement: a Multi-Sample Study . Journal of Organizational Behaviour.

Shifman, Limor. 2013. Memes in a Digital World: Renconciling with a Conceptual Trouble Maker. Journal of Computer-mediated communication.

Singleton, Jr, Royce Bruce C. Straits, Margaret M. Straits and Ronald J. McAllister. 1988. Approaches to Social Research. New York: Oxford University Press.

Siricharoen, W. V. (2013). Infographics: The New Communication Tools in Digital Age. The International Conference on E-Technologies and Business on the Web (EBW2013) (pp. 169- 174). Bangkok: University of the Thai Chamber of Comm

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Taylor, SJ dan R Bogdan. 1984. Introduction to Qualitative Research Methods: The Search for Meanings. Second Edition. John Wiley and Sons. Toronto.

Zaru, AJ. 2016. Effect of Social Media on Society. International Journal of New Technology and Research (IJNTR) ISSN: 2454-4116, Volume-2, Issue-11, November 2016 Pages 39.

Sumber Lain

Hootsuite (We Are Social). www. Hootsuite.com

https://kompas.tv/article/175132/viral-pelajar-bengkulu-hina-palestina-di-media-sosial diakses pada 11 Juni 2021 pukul 09.55 wib

Streep, P. (2013). Four things teens want and need from social media. https://www.psychologytoday.com

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 109 times