ANALISIS BAHASA IKLAN PADA RAKYAT BENGKULU TELEVISI (RBTV)

Authors

  • Man - Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti
  • Diah Oktaviani

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bahasa iklan di stasiun televisi lokal RBTV di Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, rinci, dan mendalam tentang: pendeskripsian bahasa iklan pada iklan di stasiun televisi lokal RBTV di Kota Bengkulu. Manfaat penelitian ini yaitu, 1) bagi pembaca penelitian tentang bahasa iklan ini Penelitian tentang bahasa iklan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang makna sebuah iklan dan membantu pembaca agar paham terhadap bahasa yang digunakan dalam iklan, (2) bagi pembuat Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada produsen sebuah produk atau biro iklan mengenai cara pembuatan iklan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif agar dapat diterima, (3) bagi pembeli Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pembeli atau masyarakat tentang pilihan kata dan penggunaan kalimat yang tepat di sebuah iklan serta membantu pembeli agar bisa memahami bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan tersebut.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik simak, rekam dan teknik catat. Langkah-langkah analisis data sebagai berikut (1) Data iklan yang telah ditranslitkan ke dalam bentuk tulisan, kemudian diidentifikasi sesuai dengan data yang diperlukan yaitu penggunaan bahasa iklan, (2) Setelah data penggunaan bahasa iklan diidentifikasi, selanjutnya dianalisis untuk dideskripsikan, (3) Selanjutnya data penggunaan bahasa iklan diinterprestasikan, (4) Menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analsis data, peneliti dapat menarik kesimpulkan bahwa jenis bahasa iklan yang ditemukan dalam iklan di televisi RBTV sebanyak 90 data. Dari 90 data tersebut terdiri dari (1) jelas ditemuakan sebanyak 11 data dengan persentase 12,22%, (2) informatif ditemukan sebanyak 26 data dengan persentase sebesar 28,89%, (3) bertenaga gerak ditemukan sebanyak 6 data dengan persentase sebesar 6,67%, dan (4) persuasif ditemukan sebanyak 47 data dengan persentase sebesar 52,22%. Jenis bahasa iklan yang dominan ditemukan adalah bahasa iklan persuasif dengan persentase sebesar 52,22% karena memang dalam mengiklankan suatu produk atau jasa pada dasarnya adalah untuk mengajak atau membujuk calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang diiklankan. Sedangkan yang paling sedikit adalah bertenaga gerak.

Kata Kunci : Analisis, Bahasa Iklan, Televisi RBTV

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Desi. 2013. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.

Dewabrata. 2004. Kalimat Jurnalistik Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta: Kompas.

Ermanto. 2005. Wawasan Jurnalistik Praktis. Jakarta: Cinta Pena.

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rani, Abdul, dkk. 2004. Analisis Wacana. Malang: Bayumedia Publishing.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, AS Haris. 2006. Bahasa Jurnalistik Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rakatama Media

Downloads

Published

2020-06-30
Abstract viewed = 424 times