TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Syanurdin Syanurdin Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H. Bengkulu

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada awal abad 20 telah melahirkan teknologi informasi yang dikendalikan secara ototmatis. Teknologi informasi tersebut menjadi dasar dalam kehidupan manusia, dimana penggunaan komputer tidah terbatas sebagai akibat dari perkembangan internet dan digital di era revolusi 4.0. Hal itu mengakibatkan segala hal menjadi tanpa batas. Era ini dipercaya akan mengalami perubahan yang fundamental, tanpa kecuali dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Akibatnya, banyak  tantangan dan sekaligus peluang muncul dalam pembelajaran.  Pembelajaran harus merujuk  pada 4 karakter belalar abad 21, yaitu: berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi. Untuk itu dibutuhkan sosok guru yang terbuka, adaptik, dan akomodatif sekaligus  mampu menciptakan atmosfir  belajar yang menantang.

Author Biography

Syanurdin Syanurdin, Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H. Bengkulu

References

DAFTAR PUSTAKA

Arend, R. I. 2008. Learning To Teach, Belajar untuk Mengajar (Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Seotjipto, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, H.D. 2000. Principle of Language Learning and Teaching, Fouth Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regent.

Harmin, M dan Toth, M. 2012. Pembelajaran Aktif yang Menginspirasi, Buku Pegangan Lengkap untuk Guru Masa Kini, (Bethari Anissa Ismayasari, penerjemah). Jakarta: Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Suwandi, S. 2013. Peran Guru Bahasa Indonesia yang Inspiratif untuk Mewujudkan Perserta didik Berkarakter. Dalam Saddhono, K. Et.al (ed.) Proceeding Seminar Internasional PIBSI XXXV (hlm. 1—10). Surakarta: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UNS.

--------------. 2018. Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah dipresentasekan pada Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Diselenggarakan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali.

Syanurdin. 2017. Model Materi Ajar Menulis Bahasa Indonesia (Mata Kuliah Wajib Umum MKWU Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Bengkulu: Penerbit Vanda.

Trimansyah, Bambang. 2019. Modul Literasi Menulis. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Downloads

Published

2019-12-31
Abstract viewed = 1850 times