NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL

NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL

Authors

  • Jelita - Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Setio

Abstract

Kata Kunci                  :   Nilai-nilai,   pendidikan   muhammadiyah,   novel     Sang Pencerah

 

Karya sastra ini muncul dari perpaduan antara kenyataan sosial yang berada di lingkungan sekitar dengan kreativitas tinggi dari sang pengarang. Melalui media karya sastra ini pengarang juga ingin mengangkat nilai-nilai kehidupan dengan tegas untuk dapat mengerti makna kehidupan dan hakikat hidup. Salah satu bentuk karya sastra adalah novel. Novel merupakan karya imajinatif yang dilandasi kesadaran dan tanggung jawab dari segi kreativitas sebagai karya seni (Nurgiyantoro, 2009:3). Karya sastra berupa novel dalam penciptaannya antara pengarang satu dengan pengarang yang lain juga berbeda, terutama berbeda dalam penciptaan cerita fiksi yang ditampilkan, metode yang digunakan, dan bahasa yang digunakan. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral ?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk memperoleh pendeskripsian Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Nilai-Nilai Pendidikan Muhammadiyah pada Novel novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dengan jumlah 99 data antara lain : 1. Keislaman 43 data, 2. Tajdid atau Pembaruan 24 data, 3. Multikultural 2 data, 4. Kerja Sama, Jaringan

(Musyarokah) 2 data, 5. Anti Kekerasan 1 data, 6. Kekeluargaan 3 data, 7. Keteladanan 24 data. Dari hasil penelitian ini, beberapa hal yang penulis sarankan untuk 1) Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang karya sastra.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperdalam materi tentang nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah yang ada pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. 3) Dapat sebagai refrensi bagi peneliti lain yang masalahnya relevan dengan penelitian ini. 4) Dapat menambah pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat dalam proses kegiatan belajar mengajar baik di Sekolah maupun di dalam lingkungan masyarakat.

Downloads

Published

2022-12-31
Abstract viewed = 43 times