A PENGGUNAAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM KEGIATAN DEBAT SISWA KELAS IX.A SMPN 15 KOTA BENGKULU

PENGGUNAAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM KEGIATAN DEBAT SISWA KELAS IX.A SMPN 15 KOTA BENGKULU

Authors

  • Sri Hartati SMP Negeri 15 Kota Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan Think Pair Share (TPS) dalam kegiatan debat untuk meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IX.A SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan debat untuk mendapatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara dan observasi untuk mendapatkan data kegiatan aktivitas pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah rubrik penilaian keterampilan berbicara, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 64,67 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67. Penggunaan Think Pair Share (TPS) dalam kegiatan debat ini juga dapat meningkatkan jumlah ketuntasan belajar. Pada siklus I ketuntasan didapat sebesar 33,33% dan mengalami peningkatan 77,77% sehingga pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Think Pair Share (TPS) dalam kegiatan debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IX.A SMPN 15 Kota Bengkulu. Beberapa saran juga diberikan bagi siswa, guru, serta peneliti selanjutnya

Kata Kunci: kegiatan debat, keterampilan berbicara, Think Pair Share (TPS).

Downloads

Published

2022-12-31
Abstract viewed = 50 times