PENGARUH ALIRAN NATIVISME DAN ALIRAN BEHAVIORISME TERHADAP PENGUASAAN BAHASA ANAK USIA DINI 3;0—5;0 (Studi Paud Bustanul Athfal Kec. Singgaran Pati Kota Bengkulu TA. 2021/2022)

Authors

  • Syanurdin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Dalam teori perkembangan bahasa anak, ada  tiga aliran yang masing-masing teori itu memiliki pendirian yang sangat kuat dan berpengaruh dalam sejarah linguistik sampai sekarang. Pandangan yang  pertama aliran Nativisme (Chomsky, 1959) yang berpendapat bahwa penguasaan kata bahasa anak bersifat alamiah (tidak adanya pengajaran). Aliran ini berpendapat bahwa selama proses pemerolehan bahasa, anak-anak dikit demi sedikit membuka kemampuan lingualnya secara genetis. Pandangan ini tidak menganggap lingkungan punya pengaruh dalam pemerolehan bahasa, melainkan menganggap bahwa bahasa itu terlalu kompleks dan rumit. Bahasa dapat dipelajari dalam waktu singkat melalui metode “peniruan” (imitation).

      Kedua, yaitu aliran Behaviorisme (B.F Skinner, 1957) yang berpendapat bahwa penguasaan kosakata bahasa anak bersifat suapan (adanya pengajaran). Aliran berpendapat bahwa proses pemerolehan bahasa pertama dikendalikan  dari luar diri anak, yakni rangsangan melalui yang diberikan lingkungan. Bahasa itu bukanlah suatu ciri alamiah yang terpisah dari kematangan kognitif.   Aliran ini menegaskan bahwa struktur yang kompleks dari bahasa bukanlah sesuatu yang diberikan oleh alam dan bukan pula sesuatu yang dipelajari dari lingkungan.

 Ketiga, aliran Kognitivisme (J. Piaget, 1954) bahwa truktur bahasa itu timbul   sebagai akibat dari interaksi  yang terus-menerus  antaratingkat kognitif  anak dengan lingkungan  kebahasaannya. Struktur itu timbul secara tak terelakan dari serangkaian interaksi. Oleh karena itu, timbulnya tak terelakan, maka struktur itu perlu disediakan secara alamiah.  Hubungan antara perkembangan kognitif  dan  perkembangan bahasa mengenai tahap paling awal dari perkembangan intelektual anak.

Kata kunci: Aliran Nativisme, Behaviorisme, dan penguasaan bahasa anak

Author Biography

Syanurdin, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Downloads

Published

2022-07-22
Abstract viewed = 572 times