KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA INFORMASI LAYANAN NIAGA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Septina - Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i1.228

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesalahan penggunaan ejaan pada informasi layanan niaga di kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesalahan ejaan penggunaan ejaan pada informasi layanan niaga di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berbentuk kata atau kalimat yang mengandung kesalahan ejaan ataupun diksi pada informasi layanan niaga di kota Bengkulu. Data dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang mengandung kesalahan ejaan yang terdapat pada informasi layanan niaga di kelurahan Panorama, kecamatan Gading Cempaka kota Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari pengamatan langsung pada informasi layanan niaga atau papan nama di Panorama kota Bengkulu. Peneliti mengambil sumber data dari informasi layanan niaga di kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini (1) observasi (2) catat (3) potret. Teknik analisis data (1) identifikasi (2) klasifikasi (3) eksplanasi (4) analisis dan interpretasi (5) penyimpulan. Pemeriksahan keabsahan data (1) ketekunan pengamatan (2) uraian rinci (3) kecukupan referensial (4) auditing. Hasil penelitian menemukan bahwa, jika dilihat secara keseluruhan ditemukan sebanyak 32 papan nama yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan pada informasi layanan niaga di kota Bengkulu, diantaranya : kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan penulisan kata.

Downloads

Published

2019-04-05
Abstract viewed = 177 times