MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA MANIPULATIF MELALUI PENDEKATAN REALISTIC DI KELAS II/A SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Purnia - Hasanah SD Negeri 11 Kota Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman  konsep perkalian siswa dengan menggunakan pendekatan realistik. Subjek yang dikenai tindakan ialah siswa kelas II/A SDN 11  Kota Bengkulu . Penelitian ini diawali dengan pemberian pretes kepada siswa bertujuan untuk mempeoleh gambaran awal proses pembelajaran matematika, sikap dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan pengerjaan hitung perkalian. Hasil yang diperoleh malalui pemberian pretes kepada siswa telah menunjukkan bahwa perlu diadakan berbagaiperbaikan atau revisi. Perbaikan yang ditempuh dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Angket dugunakan untuk mengukur dan mengetahui sikap siswa, proses pembelajaran dan pendapat siswa terhadap pembelajaran matematika, observasi digunakan untuk mengetahui sikap, interaksi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran,sedangkan hasil tes dugunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal serta keberagaman jawaban siswa dari soal yang diberikan.

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dengan menggunakan pendekatan realistik. Hal itu dapat terlihat dengan terciptanya suasana yang aktif dan kodusif pada saat pembelajaran. Pemberian soal kontekstual,menjadi bahan yang dapat menimbulkan interaksi dan dapat memperkaya pengetahuan matematika siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman  dan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Pendekatan realistik yang dilakukan membuat siswa menyukai pelajaran matematika sehingga hal itu mampu mengikis anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti dan dipahami.

Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, STAD.

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) Standar Isi Pelajaran Matematika Kelas II SD

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994) Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SD Kelas II Mata Pelajaran Matematika Jakarta. Pendidikan Dasar dan Menengah.

Arikunto,2002. Pembelajaran Alat Manipulatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (FMIPA) Universitas Negeri Padang Jurnal Pendidikan Bandung

Hermawan,2002.†Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Asli Melalui Manipulatif Benda Kongret di Kelas II SD. Makalah tidak diterbitkan

.

Kasbullah,1998:15.†Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas II SDN Sukajadi IX Bandung Skipsi. Bandung tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T.(1988).Pengantar Kepada Membantu Guru dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Suherman, E. dan Winata Putra, U. (1992) Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Rahmat, 2004. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Sundari S.S (2005).†Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Pasir Jengkol III Kecamatan Majalaya Kabupaten Kkarawang. Skipsi. Bandung : tidak diterbitkan.

Tim MKPBM (2001) Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung JICA

Turmudi, (2001) Laporan Hasil Penelitian Mandiri Impllementasi awal Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2 Bandung: tidak diterbitkan

Sitohang 2005. Penelitian Tndakan Kelas, Jakarta Universitas Pendidikan Indonesia.

www.depdiknas.go.id . Matematika Realistik Apa dan Bagaimana I Gusti Putu Suharta 2007.

Zulkardi,2001.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers

Copeland (1984).Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmo,1987. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Downloads

Published

2021-07-27
Abstract viewed = 351 times