PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 78 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Upik - Saryati SDN 78 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian tentang “Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran SD Negeri 78 Kota Bengkulu†bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan pengawas dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian yang berusaha mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 78 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan yaitu: Pertama, Perencanaan Pelaksanaan Supervisi Akademik yang dilaksanakan oleh Kepala sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 78 Kota Bengkulu dilakukan melalui perencanaan dalam musyawarah/rapat tentang program kerja Kepala Sekolah yang kemudian menghasilkan program kerja Kepala Sekolah dan dituangkan di dalam program tahunan serta diimplementasikan dalam program semester dan dilaksanakan di wilayah kerja Kepala Sekolah. Kedua, Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 78 Kota Bengkulu yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah meliputi pemantauan, pembinaan, dan penilaian terhadap guru SD Negeri 78. Ketiga, Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri 78 Kota Bengkulu yang dilaksanakan oleh Pengawas dan Kepala Sekolah sebagai kolaboraor bertujuan untuk melihat hasil kemampuan guru dalam proses Pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abadi, Muhammad Ibnu Ya’qub al-fairuz, Tanwirul Muqobbas minat Tafsiri Ibnu Abbas.t.t.p: t.t), jilid.I.

Afifuddin, dan Saebani Beni Ahmad, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:

Pustaka Setia, cet. 1, 2009.

Alfonso, J Robert, et al, Instructional Supervision, Boson: Allyn and Bacon, Inc, 2001.

Asmani, Jamal Makmur, Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogyakarta:

Diva Press, 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3, 2000.

--------------------------, Kepemimpinan Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Subagio Atmodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta: Ardadizya Jaya, 2000.

Bafadal, Ibrahim, Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasi Dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Burhanuddin, Yusak, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2008.

B. Matthew, dan A. Michel Huberman, Qualitative Data Analisys, Terjemahan. Tjetjep Rohendi

C.R. Semiawan, Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI, Jakarta: Grasindo, 2000.

D. Supriadi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Jakarta: Depdikbud, 2001

Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Danim, Sudarwan & Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Direktorat Jenderal PMPTK, Supervisi Akademik, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2012.

..................................., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2010.

Mulyana, dan Suryadi, Kerangka Konseptual Mutu Pendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional Guru, Jakarta: Cardimas Metropole, 2003.

Nawawi, Hadari, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada Universtas Press, 2006.

Nurhasan, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia Kurikulum untuk Abad 21: Indikator Cara Pengukuran dan Faktpr-faktor yang Mempengaruhinya Mutu Pendidikan, Jakarta: Sindo, 2004.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, cet. 4, 2004.

................., Metodologi Kelas dan guru mapel, Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Riyanto Yatim, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC, cet. 3, 2010.

Rohidi, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI-Press, 2002.

Sagala, Syaiful, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan,

Bandung: Alfabeta, 2010.

Sagala, Syaiful Kemampuan Profesional dan Tenaga Kependidikan Bandung: Alfabeta, 2011.

Sahertian, Piet A, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sahertian, Piet A dan Sahertian, Ida Aleida, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Inservice Education, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sahertian, A. Piet, dan Mataheru Frans, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan , Surabaya: Usaha Nasional, 2001.

Sallis, Edward, Total Quality Manjemen In Education, terj., Ahmad Ali Riyadi, Yogyakarta: Ircisod, 2006.

Setiawan, Didang dkk, Modul Diklat Rumpun Bidang Pendidikan dan Akademis Supervisi Pembelajarang, Jakarta: Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, 2005

Siahaan, Amiruddin dkk, Manajemen Kepala sekolah Pendidikan Ciputat: Quantum Teaching, 2006.

Subroto, Suryo, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Sudrajat, Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK (Bandung: Cipta Lekas Grafika, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, cet. 8, 2009.

Sugono, Dendy, Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Sujana, Nana et.al., Buku Kerja Kepala sekolah Sekolah, Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdiknas, 2011.

Sumayang, Manajemen Produksi dan Operasi, Jakarta: Salemba Empat: 2003.

Suparman, Atwi dan Evelina Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta:

Prenada Media, 2004.

Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek

Profesional, Bandung: Angkasa, 2005.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2000.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

W, Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Yutmini, Sri, Strategi Belajar Mengajar, Surakarta: FKIP-UNS, 200

Downloads

Published

2021-07-27
Abstract viewed = 160 times