ESTETIKA DAN MAKNA DALAM PUISI “UNTUK CORONA TANPA MENGELUH” KARYA SALAMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Elyusra - Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

ABSTRAK

 

Penelilitian ini membahas estetika dan makna dalam puisi “Untuk Corona tanpa Mengeluh†karya Salami, serta implikasinya dengan pembelajaran di sekolah. Metode yang dipakai untuk penelitian adalah metode deskriptif-analisis, hermeneotik, dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa puisi “Untuk Corona tanpa Mengeluh†karya Salami memiliki estetika dalam unsur-unsur pembangunnya, baik dalam struktur fisik, maupun dalam struktur batin puisi. Estetika puisi “Untuk Corona tanpa Mengeluh†karya Salami, ditemukan dalam unsur diksi, pengimajian, persajakan akhir, dan tipografi. Estetika puisi sangat berkonstribusi sebagai penyampai isi puisi, sehingga pemaknaan puisi dapat diungkap secara maksimal. Hasil penelitian juga memiliki  implikasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, dalam pembelajaran puisi di SMP dan SMA, yakni dengan Kompetensi Dasar pembelajaran menganalisis unsur-unsur puisi dan pembelajaran mencipta puisi.

 

Kata Kunci: estetika puisi, makna puisi, wabah Corona, pembelajaran Bahasa Indonesia, implikasi penelitian

Author Biography

Elyusra - Elyusra, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

DAFTAR PUSTAKA

Amala, Ahsin Ahsanu. 2020. Personifikasi dalam Antologi Puisi Rana Semesta Korona Karya Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pancasakti Tegal dan Implikasi Pembelajarannya di SMAâ€. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. http://repository.upstegal.ac.id/2151/1/SKRIPSI%20MAJAS%20PERSONIFIKA SI%20DALAM%20BUKU%20ANTOLOGI%20PUISI.pdf. Diunduh 19 Desember 2020.

Atmazaki. 1990. Ilmu Sastra Teori dan Terapan. Padang: Angkasa Raya.

Hasanah, Muakibatul. 2013. Karakteristik Struktural-Semiotik Puisi-puisi Karya D. Zawawi Imron†dalam Litera. Volume 12, Nomor 2, Oktober 2013. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1589. Diunduh 19 Desemner 2020.

Herwan dan Devi, Ade Anggraini Kartika. 2020. Citraan Metafora pada Puisi Tema Covid-19 Karya Anak Sekolah Dasar†dalam Jurnal Diglosia, Volume 3 Nomor 4 tahun 2020. Jurusan Pendidikan bahasa Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/140. Diakses 19 Desember 2020.

JawaPos.com. 2020. “Bertubi Puisi Kala Pandemi†dalam JawaPos.com, Maret 2020 https://www.jawapos.com/art-space/29/03/2020/bertubi-puisi-kala-pandemi/. Diunduh 13 Desember 2020

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/ Daring (dalam jaringan) https://kbbi.web.id/uh

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mabruri, Zuniar Kamaluddin. 2020. “KajianTipografi Puisi-puisi Indonesiaâ€, dalam Prakerta, Volume 03, Nomor 01, Tahun 2020. http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index. php/ prakerta /article/view/305/362. Diunduh 19 Desember 2020.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Tomlinson, B. 1998. Material Development in Language Teaching. Cambridge Unversity Press.

Waluyo, Herman J.. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 1067 times