Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Mahdijaya - Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ajat - Manjato Universitas Muhammadiyah Begkulu
  • Ririn - Novita

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor butir soal Bahasa Indonesia kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia sswa kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distraktor soal.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik wawancara dan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara manual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki validitas tidak valid karena dari sebagian besar butir soal atau sebesar 70% dinyatakan tidak valid. (2) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi karena memiliki koefisien reliabilitas  (3) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki taraf kesukaran yang sedang karena sebagian besar butir soal atau sebesar 50% mempunyai taraf kesukaran yang sedang. (4) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki daya pembeda yang negatif atau tidak baik karena sebagian besar butir soal atau sebesar 57,5% memiliki daya pembeda yang negatif. (5) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki distraktor kurang berfungsi dengan baik karena sebagian besar butir soal atau sebesar 60% yang distraktornya kurang berfungsi dengan baik.

Kata kunci: analisis, butir soal, ujian akhir semester, bahasa Indonesia.

Author Biographies

Mahdijaya - Mahdijaya, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMB

Ajat - Manjato, Universitas Muhammadiyah Begkulu

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMB

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmanear. 2011. â€Analsisis Butir-butir Soal Tes Ujian Blok Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2010/2011â€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bengkulu: FKIP UMB.

Endrayanto, Herman Yusup Sunu dan Yustiana Wahyu Harumurti. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Hizbullah, Rahmat. 2018. ‘’Analisis Butir Soal Bahasa Indonesia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Kota Bengkulu’’. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bengkulu: FKIP UMB.

Ismet Basuki dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Grahara Ilmu.

Rosdiana. 2017. ‘’Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017’’. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bengkulu: FKIP UMB.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Toha, Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 229 times