PENERAPAN METODE DISKUSI JENIS BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 64 BENGKULU UTARA

Authors

  • Muhammad Tholib
  • Heni Puspita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berguna untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar, sedangkan lembar tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada siklus I diketahui nilai rata-rata aktivitas guru 22,5 (kriteria cukup), dan aktivitas siswa 20,5 (kriteria cukup). Pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru 26,5 (kriteria baik) dan aktivitas siswa 26 (kriteria baik). Pada siklus III nilai rata-rata aktivitas guru 28,5 (kriteria baik)dan aktivitas siswa 27,5 (kriteria baik). Nilai hasil
belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,1dengan ketuntasan belajar 53% (dikategorkan belum tuntas), siklus II rata-rata 68,52dengan ketuntasan belajar 67,64% (dikategorikan belum tuntas), dan siklus III rata-rata 75,8 dengan ketuntasan belajar 8684% (dikategorikan tuntas). Peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus III menunjukan bahwa penerapan metode diskusi jenis buzz group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X.B SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah.
Kata kunci: Metode diskusi jenis buzz group, aktivitas, hasil belajar.

Downloads

Published

2020-02-06
Abstract viewed = 177 times