PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN UNTUK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN SUMBER BELAJAR INTERNET MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Authors

  • Sulasman Sulasman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktif dalam penggunaan media dan metode pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar siswa pada pelajaran olah raga melalui penerapan pembelajaran Think Phair Shair dengan bantuan media internet dan audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, dimana masing masing siklus terdiri dari tahap tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dengan jumlah 24 orang siswa, terdiri dari 20 orang laki laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, lembar angket motivasi. Lembar aktivitas guru dan siswa diamati oleh dua orang pengamat. Berdasarkan analisis secara deskriptif dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: skor rata rata aktivitas guru dan siswa disetiap siklus
hingga siklus ke tiga meningkat dari 20,5 – 29,5 merupakan katagori baik, dan motivasi belajar siswa juga meningkat dapat dilihat dari hasil presentase angket 75,5% merupakan katagori termotivasi, pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari presentase ketuntasan blajar klasikal siklus I 55% dan pada siklus ke III mencapai 88%. Hal ini menunjukan dengan mengunakan metode Kooperatif tipe Think Phair Shair dengan bantuan media Internet dan Audiovisual mengalami Peningkatan Pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Kooperatif Think Phair Shair, Media Audiovisual dan internet, Aktivitas,
Motivasi belajar

Downloads

Published

2020-02-06
Abstract viewed = 123 times