PENERAPAN STRATEGI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 21 BENGKULU UTARA

Authors

  • Kustiati Kustiati
  • Haryanto Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam penerapan strategi inkuiri di kelas VII.1 SMP Negeri 21 Bengkulu Utara. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan strategi inkuiri di kelas VII.1 SMP Negeri 21 Bengkulu Utara Penelitian dilakukan di kelas VII.1 SMP Negeri 21 Bengkulu Utara semester 1. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Berdasarkan hasil penelitian, penerapan Strategi pembelajaran Inkuiri pada pokok Bahasan Puisi dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata, yaitu 26 dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 29 dengan kriteria baik dan pada siklus III menjadi 32 dengan kriteria baik. Sedangkan hasil analisis dan observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata, yaitu 25 degan kriteria cukup, siklus II menjadi 28 dengan kriteria baik dan siklus III menjadi 32 dengan kriteria baik. Penerapan Strategi
pembelajaran Inkuiri pada pokok bahasan Puisi dikelas VII.1 SMP Negeri 21 Bengkulu Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 2,68, pada siklus II menjadi 2,78 dan siklus III menjadi 2,95 dengan ketuntasan klasikal dari 62,96% ke 77,77% menjadi 88,9%. Penerapan Strategi Inkuiri pada pokok bahasan Puisi dikelas VII.1 SMP Negeri 21 Bengkulu Utara dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai rata- rata siswa pada siklus I adalah 60 dengan kriteria penilaian cukup, pada siklus II adalah 66,6 dengan kriteria penilaian cukup dan selanjutnya pada siklus ke III adalah 76,40 dengan kriteria penilaian baik.
Kata Kunci : Strategi Inkuiri, Berfikir Kreatif, Hasil Belajar, PTK

Downloads

Published

2020-02-06
Abstract viewed = 118 times