PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMAN 1 LEBONG

Authors

  • Endang Sulaiman
  • Pariyanto Pariyanto
  • Adepis Anisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 1 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized control-group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada materi pernapasan (Respirasi) antara model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan mind mapping dan pembelajaran konvensional. Hasil belajar
siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, nilai rata- rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 68,9. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model jigsaw pada kelas eksperimen secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari pada pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Jigsaw, Hasil Belajar, Mind Mapping

Downloads

Published

2020-02-06
Abstract viewed = 143 times