METODE GURU PKN DALA MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PANCASILA DILINKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGRI 2 TEBAT KARAI TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Sonia Marantika Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syarkati

Abstract

 

Abstrak

Nilai-Nilai Pancasila yaitu Pancasila pada dasarnya merupakan rumpun pendidikan kewarganegaraan yang mengkhususkan diri pada penanaman ideologi Pancasila ke dalam pribadi peserta didik sebagai warga Negara Indonesia yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Metode guru Pkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Tebat Karai. 2. Kendala guru Pkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Tebat Karai. Jenis penelitian adalah Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif karena data yang dikumpulkan umumnya berbentuk kata- kata, gambar, dan kebanyakan bukan angka- angka.  Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Data primer adalah data mentah yang diperoleh secara langsung dari sumber penelitian melalui wawancara kepada responden kemudian data diolah oleh peneliti untuk di analisa. Data skunder adalah data yang diperoleh dalam keadaan sudah jadi untuk mendukung data primer yang bersumber dari literatur-literatur, informasi serta dokumen-dokumen yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian. 1. Metode guru Pkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Tebat Karai yang digunakan sesuai dengan kompetensi apa yang akan dikembangkan. metode guru Pkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Tebat Karai melalui metode problem based learning, demonstrasi, ceramah, Tanya jawab dan diskusi. 2. Kendala guru Pkn dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Tebat Karai adalah kurangnya minat peserta didik yang mau belajar patuh terhadap nilai-nilai yang sudah diajarkan. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas peserta didik yang dimana meskipun praktek dari nilai-nilai demokrasi Pancasila sudah lumayan dilakukan akan tetapi masih kurang efektif. Masih banyak siswa yang melanggar dan membentah guru  dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah, masih ada beberapa siswa yang masih melanggar tata tertib yang ada disekolah bahkan tidak mendengar nasihat yang diberikan oleh guru di sekolah.

Kata Kunci: Metode, Nilai Pancasila, Lingkungan Sekolah

Downloads

Published

2023-04-29
Abstract viewed = 21 times