UPAYA PELESTARIAN NILAI-NILAI PERSATUAN INDONESIA DALAM BUDAYA LOKAL TARI ANDUN PADA MASYARAKAT SUKU SERAWAI DI DESA PADANG MUMPO KECAMATAN PINO KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Authors

  • aziiz fadillah universitas muhammadiyah bengkulu
  • Rusnita Hainun Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Pelaksanaan pelestarian persatuan indonesia dalam budaya lokal tari andun pada masyarakat suku serawai di desa padang mumpo kecamatan pino kabupaten bengkulu selatan. 2. Upaya pelestarian persatuan indonesia dalam budaya lokal tari andun pada masyarakat suku serawai di desa padang mumpo kecamatan pino kabupaten bengkulu selatan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian bertempat di desa Padang Mumpo. Peneliti ini di fokuskan pada “ Upaya Pelestarian Persatuan Indonesia Dalam Budaya Lokal Tari Andun Pada Masyarakat Suku Serawai Di Desa Padang Mumpo Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan”. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Tari Andun merupakan salah satu  tarian masyarakat di desa Padang Mumpo yang saat ini kurang begitu diminati. Dalam penyajian tari Andun terdapat fungsi dan makna pada setiap gerak dan susunan urutan dalam penyajian tari Andun terdapat tiga gerakan tari seperti gerak Mbukak, gerak Naup dan gerak Nyentang. Apabila menyelenggarakan acara Bimbang terdapat beberapa tari Andun yang disajikan pada setiap acara seperti acara malam Gegerit, acara Nari Numbak Kebau, Nari Atar-Atar dan acara Nari Palak Tanggau. Tari Andun yang saat ini mengalami pasang surut ini belum bisa menumbuhkan kembali minat masyarakat dan pemuda pemudinya. Upaya pelestarian terus gencar dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan seniman salah satunya upaya yang dilakukan oleh pemerintah yaitu melaksanakan festival, pergelaran dan bagi sekolah unggul tari Andun juga di ajarkan dalam ekstrakulikuler. Usaha yang akan dilakukan masyarakat sebagai pendukung yaitu memusyawarahkan agar tari andun bisa selenggarakan oleh masyarakat menengah ke bawah dan usaha yang dilakukan seniman dengan cara melakukan pembinaan tari Andun kepada anak didiknya.

 

 

 

 

Kata kunci: Pelestarian Nilai-Nilai Persatuan Indonesia, Tari Andun dan Suku Serawai

Downloads

Published

2023-04-29
Abstract viewed = 87 times