Analisis Profil Pendidikan Karakter Anak Keluarga Nelayan Di Kelurahan Pasar Bengkulu

Authors

  • RANI ROSADI RANI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang mengajarkan tentang nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat. Pihak pertama yang sangat berpengaruh dalam pendidikan karakter adalah keluarga karena keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama bagi pembentukan karakter anak. Keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu mayoritas orang tuanya bekerja sebagai nelayan.

Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana profil pendidikan karakter anak keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu? (2) Apa saja nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pendidikan karakter anak keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu? (3) Faktor-faktor apa saja yang menghambat pendidikan karakter anak keluarga nelayan di kelurahan Pasar Bengkulu?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui profil anak nelayan di kelurahan Pasar Bengkulu, (2) Mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pendidikan karakter anak keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu (3) Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menghambat pendidikan karakter anak keluarga nelayan di kelurahan Pasar Bengkulu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah profil pendidikan karakter anak nelayan, nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pendiidikan karakter anak nelayan, dan faktor-faktor yang menghambat pendidikan karakter anak nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pendidikan karakter anak kelurahan Pasar Bengkulu sudah baik namun belum optimal. (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada anak keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu yaitu : Religius, jujur, mandiri, dan tanggung jawab. (3) Faktor- faktor yang menghambat pendidikan karakter yaitu : Faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menghambat pendidikan karakter anak adalah kesibukan orang tua. Faktor eksternal yang menghambat pendidikan karakter anak keluarga nelayan adalah pengaruh pergaulan di lingkungan sekitar anak dan pengaruh teknologi infomasi dan komunikasi.

Kata Kunci:  Profil, Pendidikan Karakter, Anak, Keluarga Nelayan

Downloads

Published

2023-04-29
Abstract viewed = 38 times