STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER SOPAN SANTUN KEPADA SISWA MAN REJANG LEBONG 2022

Authors

  • muhamad iqbal 089614408029
  • Zulyan Zulyan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan diri, masyarakat, bangsa dan negara. Maka persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru ppkn ddalam menanamkan karakter sopan santun kepada siswa di MAN Rejang Lebong 2022

Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan data mengenai bagaimana cara guru ppkn menanamkan karakter sopan santun kepada siswa MAN Rejang Lebong.Untuk memperoleh informasi dan data yang benar maka teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Data dilakukan pemeriksaan keabsahannya, lalu dilakukan penyajian sekaligus analisis data untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.

Hasil ini menunjukkan bahwa (1) Di MAN Rejang Lebong guru mempunyai peran untuk selalu menanamkan karakter sopan santun pada siswa, guru menanamkan karakter sopan santun pada siswa sejak pertama mengajar sampai saat ini dan seterus nya tujuan guru di sini agar siswa mengetahui pentingnya karakter sopan santun terhadap orang yang lebih tua maupun ke sesama siswa lainnyan selain itu untuk menjadikan siswa sebagai manusia yang dapat di nilai baik oleh masyarakat agar berguna untuk dunia maupun akhirat”. (2) Strategi untuk menanamkan karakter sopan santun pada siswa yaitu dengan cara mencontohkan, menjadi tauladan  dan materi-materi yang berhubungan dengan karakter sopan santun.

 

Downloads

Published

2023-04-29
Abstract viewed = 45 times