Sekolah Kader Oleh DPC PDI Perjuangan Bantul

Authors

  • Wellyana Wellyana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Partai politik merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah negara. Dan di dalam sebuah negara demokrasi, partai mempunyai beberapa peranan penting yang salah satunya adalah peran dalam sosialisasi politik. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali partai politik, namun dari sekian banyaknya partai yang ada di Indonesia masih sedikit sekali partai yang memandang bahwa sekolah kader atau pendidikan partai sebagai bagian dari fungsi sosialisasi politik. Hingga akhirnya PDI Perjuangan membuat sebuah gagasan terbaru dalam sosialisasi politik dengan membentuk sekolah kader menjelang PILKADA serentak yang diadakan di Indonesia beberapa waktu lalu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran partai politik dalam sosialisasi politik (studi kasus sekolah kader oleh DPC PDI Perjuangan Bantul Tahun 2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus DPC PDI Perjuangan Bantul. Objek penelitiannya adalah peran partai politik PDI Perjuangan dalam sosialisasi politik (studi kasus

sekolah kader oleh DPC PDI Perjuangan Bantul 2016). Instrumen penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran partai politik dalam sosialisasi politik (studi kasus sekolah kader oleh DPC PDI Perjuangan Bantul Tahun 2016) telah berlangsung dan dilaksanakan dengan cukup baik. Kesimpulan tersebut didukung dengan adanya upaya DPC PDI Perjuangan Bantul dalam membentuk sikap politik kader partai baik melalui sekolah kader, sistem kaderisasi, diskusi formal maupun informal. Dan didirikannya sekolah kader bagi para calon kepala daerah sendiri adalah bertujuan untuk membentuk calon kepala daerah yang memiliki komitmen dalam menjalankan ideologi partai dan Trisakti, sebagai bagian dari pertahanan kedaulatan politik, ekonomi dan kebudayaan Nasional.

Kata Kunci: Partai Politik, Sosialisasi Politik, Sekolah Kader.

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 104 times