Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Mata Pelajaran Pkn Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Unggul Lahat Selatan

Authors

  • Nurul Munfarida Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muslih Hasibuan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran PKn terhadap Perilaku Siswa kelas VIII  di SMP N 1 Unggul Lahat Selatan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kondisi bagaimana pelaksanaan model pembelajaran CTL; 2) untuk mengetahui kondisi perilaku siswa; 3) untuk membuktikan adakah pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran PKn terhadap Perilaku Siswa kelas VIII di SMP N 1 Unggul Lahat Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan sampel berjumlah 27 siswa di kelas VIII4 dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket selanjutnya data tersebut di analisis menggunakan rumus Analisis Regresi Linear Sederhana, uji t dan uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dan signifikasinya. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data maka dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaam model pembelajaran CTL siswa telah diterapkan dengan baik di kelas VIII dengan kriteria sedang yaitu 20 orang siswa atau 74,08%; 2) perilaku siswa kelas VIII dinyatakan baik sebanyak 16 orang siswa atau 59,260% ; 3) hasil penelitian ini Y = 16,677 + 0,505X. Berdasarkan hasil penelitian koefisien regresi (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,912 dan nilai ttabel 2,056 atau thitung  > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel model pembelajara CTL (X) terhadap perilaku siswa (Y). Sedangkan dalam koefisien determinasi (r2) diketahui nilai koefisien sebesar 0,503. Hal ini mengasumsukan bahwa pengaruh model pembelajaran CTL  terhadap perilaku siswa sebesar 25,3%, sedangkan sisanya 74,7% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran CTL terhadap perilaku siswa kelas VIII di SMP N 1 Unggul Lahat Selatan. Diharapkan guru selalu membimbing siswa nya dalam pembentukan, pemahaman dan penerapan akidah dan akhlak siswa karena guru adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan perilaku siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Mata Pelajaran PKn, Perilaku Siswa

Downloads

Published

2022-04-10
Abstract viewed = 68 times